Data DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia ada sekitar lima juta pedagang pasar atau 43 persen dari 12 juta pedagang pasar tradisional di berbagai daerah terpaksa tutup akibat sepinya pasar dan minimnya pembeli semenjak pandemi
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina menekankan perlunya ada percepatan dalam rencana digitalisasi seluruh pedagang pasar di Tanah Air dalam rangka meningkatkan kinerja UMKM yang ada di Nusantara.

"Data DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia ada sekitar lima juta pedagang pasar atau 43 persen dari 12 juta pedagang pasar tradisional di berbagai daerah terpaksa tutup akibat sepinya pasar dan minimnya pembeli semenjak pandemi," kata Nevi Zuairina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut Nevi, dengan adanya pandemi COVID-19 menyebabkan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Hal itu, ujar dia, karena jika sebelumnya masyarakat melakukan aktivitas jual-beli secara luring, adanya pandemi memaksa masyarakat untuk melakukan aktivitas jual-beli secara daring dan pada akhirnya masyarakat menjadi terbiasa serta lebih menyukai belanja secara daring.

Baca juga: Pedagang diwajibkan tunjukkan surat vaksin selama PPKM

"Berbagai perubahan prilaku masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi, sangat berpengaruh terhadap perkembangan pedagang pasar rakyat," tutur Nevi.

Ia berpendapat adanya perubahan perilaku masyarakat untuk melakukan jual-beli secara daring harus diikuti dengan digitalisasi bagi pelaku usaha mikro-kecil yang ada di Pasar Rakyat, karena jika tidak maka mereka akan semakin tergerus dan bisa punah.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 tercatat jumlah pasar rakyat di Indonesia sekitar 15.657 unit dan jumlah pedagang 2.818.260 orang.

"Pemerintah perlu melakukan digitalisasi serta upaya pendampingan dan pelatihan bagi pedagang pasar rakyat ini melalui kerja sama dengan pelaku ekosistem digital atau founder platform digital, sehingga diharapkan semakin banyak pedagang pasar rakyat yang menggunakan teknologi digital agar mereka bisa tetap bertahan di masa pandemi dan tidak tergerus karena perubahan zaman," ucap Nevi.

Baca juga: Smesco targetkan 158 ribu UMKM terdigitalisasi hingga 2023

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021