Sao Paulo (ANTARA) - Regulator kesehatan federal Brazil, Anvisa, pada Sabtu (4/9) menangguhkan penggunaan 12 juta lebih dosis vaksin COVID-19 produksi Sinovac Biotech China yang di produksi di sebuah pabrik ilegal, kata lembaga itu melalui pernyataan.

Anvisa mengaku pada Jumat telah (3/9) diperingatkan oleh lembaga Butantan Sao Paulo, pusat biomedis yang bermitra dengan Sinovac untuk mengisi dan menyelesaikan vaksin Sinovac, bahwa 25 kelompok vaksin atau setara 12 juta dosis telah di kirim ke Brazil dari pabrik tersebut.

"Unit manufaktur ... tidak diperiksa dan disetujui oleh Anvisa terkait otorisasi penggunaan darurat vaksin yang diumumkan," kata regulator.

Larangan itu merupakan "langkah antisipasi untuk menghindari paparan populasi terhadap kemungkinan risiko yang bakal terjadi," tambahnya.

Butantan juga telah memberi tahu Anvisa bahwa 17 kelompok vaksin lainnya, total sembilan juta dosis, diproduksi di pabrik yang sama dan sedang berada dalam perjalanan menuju Brazil, kata regulator.

Selama larangan 90 hari, Anvisa mencoba untuk memeriksa pabrik tersebut dan mencari tahu lebih banyak soal keamanan proses manufaktur, lanjutnya.

Selama peluncuran vaksinasi Brazil awal tahun ini, mayoritas vaksin yang diberikan berasal dari Sinovac.

Brazil pada Sabtu melaporkan 21.804 kasus dan 692 kematian baru COVID-19.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sao Paulo laporkan tingkat keampuhan CoronaVac 50-90 persen

Baca juga: Senat Brazil setujui RUU yang mungkinkan paten vaksin dilanggar


 

Layanan darurat, tentara Brazil mengirim oksigen ke Amazonas

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021