Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta memilih Museum Sandi yang berada di kawasan Kotabaru sebagai lokasi tujuan program Wajib Kunjung Museum pada tahun 2021 ini.

“Ada beberapa rangkaian acara yang digelar untuk program Wajib Kunjung Museum tahun ini. Semua digelar secara virtual melalui media sosial karena masih dalam masa pandemi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti di Yogyakarta, Senin.

Baca juga: Museum Sandi Yogyakarta satu-satunya di dunia

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pemutaran jejak sejarah Museum Sandi yang sudah bisa dinikmati melalui kanal Youtube milik Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta mulai Sabtu (4/9) dengan narasumber Kepala Museum Sandi Setyo Prabowo dan seorang saksi pendirian museum.

Kegiatan lain yang akan dilakukan adalah virtual tour melalui akun Instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta @dinaskebudayaankotajogja.

Virtual tour tersebut tidak hanya akan menampilkan berbagai koleksi yang ada di museum tetapi sisi lain kawasan Kotabaru hingga simulasi teknik menyadap informasi sehingga pengunjung pun akan mengetahui suasana kerja Badan Siber dan Sandi Negara.

Baca juga: Museum Sandi kenalkan persandian pada masyarakat

Sedangkan pemilihan Museum Sandi sebagai lokasi Wajib Kunjung Museum tahun ini didasarkan pada keunikan museum tersebut karena menjadi satu-satunya museum di Indonesia yang menyajikan koleksi ilmu kriptografi.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan Museum Sandi sangat penting dalam merekam sejarah persandian di Indonesia.

“Melalui Wajib Kunjung Museum, kami juga berupaya memberikan informasi yang seluas-luasnya mengenai Kotabaru sebagai kawasan pertama lahirnya sistem persandian negara,” katanya.

Baca juga: Museum Sandi Yogyakarta pindah ke gedung baru

Berdasarkan catatan sejarah, kawasan Kotabaru Yogyakarta menjadi tempat lahirnya Dinas Kode pada 1946.

Yetti berharap, masyarakat akan semakin mengenal Museum Sandi sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan minat masyarakat untuk belajar sejarah termasuk sistem persandian.

Wajib Kunjung Museum merupakan program tahunan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Sebelum pandemi, Wajib Kunjung Museum digelar secara langsung dengan mengundang siswa sekolah untuk berkunjung ke berbagai museum di Kota Yogyakarta namun pada tahun 2021 ini dilakukan secara virtual.

Baca juga: DKI luncurkan situs mikro museum untuk perkuat informasi permuseuman

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021