Jakarta (ANTARA) - Mercedes pada Selasa resmi mengumumkan George Russell akan menjadi rekan satu tim juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mulai musim depan.

Russell, yang menjalani musim ketiganya di Williams, akan menggantikan Valtteri Bottas yang akan pindah ke Alfa Romeo menyusul kabar resmi sang pebalap Finlandia pada Senin.

Pebalap berusia 23 tahun itu akan menjadi rekan baru Hamilton setelah Bottas (32), yang juga bergabung dari Williams untuk menggantikan juara dunia 2016 Nico Rosberg yang pensiun pada 2017.

"Ini hari yang spesial bagi saya secara pribadi dan profesional, tapi juga hari dengan emosi yang bercampur aduk," kata Russell dikutip laman resmi Mercedes.

"Saya sangat senang dan merasa terhormat bisa bergabung dengan Mercedes tahun depan, yang merupakan langkah besar dalam karier, tapi ini juga berarti saya mengucapkan perpisahan dengan rekan dan teman-teman di Williams."

"Ini adalah kesempatan yang sangat besar dan yang ingin saya raih dengan kedua tangan. Tapi saya tahu skala dari tantangannya, ini akan menjadi pembelajaran yang panjang.

"Valtteri telah memberi standar yang tinggi, secara konsisten meraih hasil di akhir pekan, mencetak poin, pole position, dan membantu memenangi titel juara dunia."

Baca juga: Russell gantikan Hamilton di Mercedes untuk Grand Prix Sakhir

Russell pernah membalap sekali untuk Mercedes, saat ditugasi menjadi pengganti Lewis Hamilton yang positif terjangkit Covid-19 di Grand Prix Sakhir pada Desember tahun lalu.

Russell start dari baris terdepan dan memimpin sejak start tapi finis peringkat sembilan setelah tim melakukan kesalahan di pitstop dan kemudian sang pebalap mengalami pecah ban.

Dia mencetak podium poin pertamanya untuk Williams musim ini, lewat performa kualifikasi yang menawan di balapan basah Belgia untuk menempatkan mobil yang kurang kompetitif di baris terdepan.

Russell berhak sebagai runner-up setelah balapan di Spa berjalan hanya beberapa lap di belakang Safety Car sebelum dihentikan karena cuaca buruk.

Baca juga: Bottas hengkang dari Mercedes, bergabung ke Alfa Romeo musim depan

Bos tim Mercedes Toto Wolff mengatakan keputusan untuk menggantikan Bottas merupakan proses yang mudah dan tak bertele-tele.

Sang pebalap Finlandia mendapat dukungan dari Hamilton, yang selama ini telah berjuang bersama mempersembahkan empat gelar terakhir untuk Mercedes.

Akan tetapi, Russell merupakan investasi Mercedes dan telah dipandang sebagai pebalap masa depan Silver Arrow.

"Dia telah menjadi pemenang di setiap kategori balap, dan di tiga musim terakhir bersama Williams dia telah menunjukkan masa depan apa yang bisa ia miliki di F1," kata Wolff.

Baca juga: Hamilton curiga terkena efek berkepanjangan Covid-19

"Sekarang, tantangan kami bersama adalah membantu dia terus belajar dalam lingkungan kami dan di samping Lewis, pebalap terbaik sepanjang masa F1.

"Saya yakin saat hubungan ini tumbuh, mereka akan membentuk tim yang kuat dan memberikan hasil untuk Mercedes di trek dan di luar trek dalam beberapa tahun ke depan."

Mercedes telah memenangi tujuh gelar pebalap dan konstruktor secara beruntun dan saat ini memimpin klasemen tim setelah 13 balapan, kendati Hamilton tertinggal tiga poin di belakang pebalap Red Bull Max Verstappen.

Hamilton (36) masih memiliki kontrak dengan Mercedes hingga 2023 sementara kabar resmi pindahnya Russell menyisakan satu bangku kosong di Williams.

Pebalap Thailand Alexander Albon yang didukung Red Bull serta juara dunia Formula E Nyck de Vries yang dibawah kontrak Mercedes mengincar peluang membalap di F1 itu dengan juga kemungkinan mengisi bangku di Alfa Romeo untuk membalap bersama Bottas.

Baca juga: Verstappen kembali ke puncak berkat kemenangan di Zandvoort
Baca juga: Red Bull harus lepas Albon bila ingin bangku di Williams, kata Wolff
Baca juga: Rencanakan pensiun, Raikkonen tak menyesal tinggalkan Formula 1

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021