Jayapura (ANTARA) - Tim cabang olahraga anggar Papua menargetkan meraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih itu pada Oktober mendatang.

Koordinator Tim Anggar PON Marthina Supacua kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan meskipun merupakan cabang olahraga yang baru namun pihaknya optimistis dapat mendulang emas di PON.

"Sebelumnya, sekitar 20 bulan kami telah melakukan TC terpusat di Bogor dan 'try out' di Banten, Kalimantan dan Bengkalis," katanya.

Menurut Marthina, di tempat "try out" terakhir yakni Bengkalis, atlet anggar Papua telah menunjukkan kemampuannya dengan meraih juara serta poin yang baik.

"Jadi setelah menimba ilmu dan pengalaman dari atlet-atlet terbaik Bengkalis, kami optimistis dapat memberikan yang terbaik bagi Papua," ujarnya.

Senada dengan Marthina Supacua, atlet anggar Papua Tersa Huby dari kelas degen putri mengatakan persiapan yang dilakukan pihaknya adalah dengan sering berlatih.

"Kemampuan tim anggar terus dilatih baik fisik maupun lainnya, termasuk mengikuti pelatihan atau 'try out' sebelum kembali ke Papua," katanya.

Dia menambahkan para pelatih sudah menyiapkan segala jenis latihan sehingga atlet tinggal berlatih sesuai dengan yang diinstruksikan.

"Yang jelas kami harus siap secara fisik dan mental agar dapat memperoleh emas di ajang PON XX," ujarnya.

Tim anggar Papua baru pertama kali mengikuti ajang PON dan menargetkan satu emas untuk dipersembahkan bagi Bumi Cenderawasih.

Baca juga: Aceh targetkan satu medali emas cabor anggar di PON XX Papua
Baca juga: Anggar Kaltim targetkan dua emas PON Papua
Baca juga: Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021