Menlu, menhan Indonesia-Australia akan bertemu di Jakarta

id pertemuan 2+2,2+2 RI-Australia,menlu RI-Australia,menhan RI-Australia,indonesia australia,menlu retno marsudi,menhan prabowo subianto,menlu australia

Menlu, menhan Indonesia-Australia akan bertemu di Jakarta

Dokumentasi - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Australia saat itu, Linda Reynolds (kiri) ,disaksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne (kedua kiri). Mereka melakukan pertemuan bilateral di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (6/12/2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan ke-7 menteri luar negeri dan menteri pertahanan RI-Australia, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Kamis, 9 September 2021.

Untuk itu, Menlu Australia Marise Payne dan Menhan Australia Peter Dutton akan berkunjung ke Indonesia pada 8-10 September 2021, menurut keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pembicaraan antara menlu dan menhan Indonesia-Australia itu, yang disebut dengan Pertemuan 2+2, merupakan forum dialog untuk membahas isu-isu strategis di tingkat bilateral, regional, maupun global.

Forum tersebut juga dimanfaatkan untuk memajukan kerja sama kedua negara dalam upaya berkontribusi pada stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan.

Baca juga: Indonesia-Australia akan kirim pasukan pemelihara perdamaian ke Mali

Pertemuan tahunan tersebut terakhir kali diselenggarakan di sela-sela kegiatan Forum Demokrasi Bali ke-12 di Nusa Dua, Bali, pada 6 Desember 2019.

Dalam pertemuan pada 2019, pemerintah Indonesia dan Australia mempertegas kembali komitmennya dalam memerangi terorisme di kawasan, juga memperkuat kerja sama pasukan pemeliharaan perdamaian antara angkatan bersenjata kedua negara (TNI dan ADF).

Kedua negara juga telah sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang keamanan siber serta melakukan pertukaran keahlian dan pengalaman dalam bidang bantuan kemanusiaan dan tanggapan bencana.

Sebelum menghadiri  Pertemuan 2+2, Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Australia Peter Dutton akan melakukan pertemuan antarmenteri pertahanan, sementara Menlu RI Retno L.P. Marsudi akan bertemu empat mata dengan Menlu Australia Marise Payne.

Baca juga: Panglima pastikan pandemi COVID-19 tak hambat kerja sama TNI dan ADF

Baca juga: Indonesia-Australia kerja sama Operasi Gannet 5 berantas IUU Fishing


 

Kerja sama ekonomi komprehensif Indonesia-Australia selesai diratifikasi


Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar