Supaya kita tetap 'zero rabies', kita laksanakan vaksinasi, serta sterilisasi untuk menekan populasi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan, Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat bertekat mempertahankan predikat "zero rabies" dalam rangkaian Hari Rabies 2021 dengan menggelar kegiatan vaksinasi dan sterilisasi untuk hewan peliharaan di 13 titik.

"Kita memang saat ini 'zero rabies'. Supaya kita tetap 'zero rabies', kita laksanakan vaksinasi, serta sterilisasi untuk menekan populasi kucing juga," kata Penty pada pelaksanaan vaksinasi rabies di SDN Petojo Selatan Jakarta Pusat, Rabu.

Baca juga: Jakarta Barat buka layanan vaksin anti rabies "door to door"

Penty menjelaskan kegiatan itu juga melibatkan Sudin Pendidikan Jakarta Pusat untuk memanfaatkan ruang sekolah sebagai lokasi vaksinasi.

Pada Rabu, setidaknya ada 20 ekor kucing jantan yang dilakukan sterilisasi dan suntik vaksin rabies di SDN Petojo Selatan Gambir.

Sementara itu, layanan yang sama juga dilakukan di Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan DKI Jakarta sebanyak 20 ekor kucing betina.

Baca juga: 200 hewan di Cengkareng telah tervaksinasi anti rabies

Ada pun berdasarkan unggahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun instagramnya @aniesbaswedan, ada 13 lokasi tersedia bagi warga yang ingin melakukan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi rabies dan sterilisasi berlangsung hingga 30 September 2021 yang tersebar di 13 titik, yakni Kelurahan Petojo Selatan, Kelurahan Cideng, Kelurahan Petojo Utara, Kelurahan Kebon Kelapa, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kelurahan Rawasari dan Kelurahan Karanganyar.

Baca juga: Pemkot Jakut targetkan 4.500 hewan peliharaan dapat vaksin anti-rabies

"Warga yang ingin vaksinasi, datang saja, asalkan memenuhi syarat dan di lingkungan Jakarta Pusat," kata Penty.

Pelayanan vaksinasi rabies dibuka mulai jam 09.00 sampai 12.00 WIB. Warga juga harus memastikan hewan peliharaan cukup umur atau minimal 4 bulan, sehat, tidak sedang bunting dan menyusui.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021