Jakarta (ANTARA) - Pebalap Thailand Alex Albon akan kembali ke Formula 1 musim depan membela tim Williams sebagai pasangan pebalap Kanada Nicholas Latifi, umum tim asal Inggris itu pada Rabu.

Albon (25) sebelumnya bertugas sebagai pebalap cadangan Red Bull tahun ini sembari berkompetisi dalam kejuaraan German Touring Car (DTM) setelah didepak dari tim utama Red Bull Racing  akhir musim 2020.

"Saya sangat senang dan menanti kembali ke kursi Formula 1 pada 2022," kata Albon dalam laman resmi Williams.

"Ketika Anda mengambil jeda satu tahun dari F1, tak pernah pasti kapan Anda akan kembali. jadi saya sangat berterima kasih kepada Red Bull dan Williams karena percaya kepada saya dan membantu saya dalam perjalanan saya kembali ke grid."

"Melihat semua kemajuan yang dibuat Williams sebagai tim tahun ini juga luar biasa dan saya ingin membantu mereka melanjutkan perjalanan itu pada 2022."

Albon kehilangan bangkunya di F1 musim ini setelah Red Bull lebih memilih pebalap Sergio Perez.

Baca juga: Fakta singkat George Russell, calon tandem Hamilton di Mercedes

Sedangkan juru bicara Red Bull kepada F1 mengatakan brand minuman energi itu telah melepas Albon dari kontraknya untuk memungkinkan kontrak dengan Williams kendati mereka masih menyimpan sejumlah opsi di masa depan bagi sang pebalap.

Albon bakal mengisi bangku yang ditinggalkan George Russell yang Selasa lalu resmi ditarik Mercedes untuk menjadi tandem juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton tahun depan.

Sementara Latifi akan menjalani musim ketiganya sebagai pebalap Williams tahun depan.

"Kami sangat senang dengan jajaran pebalap baru kami, dengan kedua pebalap membawa kombinasi luar biasa dari usia muda dan pengalaman," kata bos tim Williams Jost Capito.

"Alex salah satu talenta muda yang menarik di dunia balap, belum lagi memiliki pengalaman banyak di F1 ketika membela tim Red Bull.

"Beberapa hasil finis podium menegaskan kecepatannya sebagai seorang pebalap dan kita tahu dia akan cepat merasa nyaman dengan tim di Grove."

Baca juga: AlphaTauri pertahankan Gasly dan Tsunoda untuk musim 2022

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021