Pemkot Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi pohon tumbang

id Pohon tumbang,Pertamanan ,Musim hujan

Pemkot Jaksel siagakan petugas untuk antisipasi pohon tumbang

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gukarmat) Jakarta Selatan mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/9/2021). ANTARA/HO-Pokja Jakarta Selatan.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan (Jaksel) menyiagakan sebanyak 14 tim pemangkasan pohon di wilayah tersebut guna mengantisipasi pohon tumbang pada saat musim hujan di Ibu Kota.

“Dalam mengantisipasi pohon tumbang menghadapi musim hujan, langkah kita melakukan pemangkasan secara rutin di 10 kecamatan dengan satu tim setiap kecamatan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Winarto saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, tingkat suku dinas ada 4 tim, yang masing-masing tim berjumlah 7 orang.

Winarto memastikan setiap personel beserta peralatan kerjanya dalam kondisi siap menghadapi cuaca ekstrem pada musim hujan mendatang.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah membuat tim piket di posko di Jalan Barito, Kebayoran Baru, dan di setiap kecamatan untuk bersiaga mengevakuasi bila terjadi pohon tumbang.

Baca juga: Jaksel siagakan tim khusus untuk antisipasi pohon tumbang
Baca juga: Pohon tumbang di Jaksel timpa penyandang tuna rungu
Petugas PPSU Kecamatan Kebayoran Baru dan Tim Satgas Pohon Tumbang Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan mengevakuasi material pohon tumbang di Jalan Brawijaya III, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021). ANTARA/HO-Kecamatan Kebayoran Baru/am.
Sudin Pertamanan dan Hutan Kota juga melakukan pemeriksaan terhadap pohon-pohon yang berpotensi rawan tumbang saat musim hujan.

"Kami juga melakukan identifikasi pohon rawan tumbang, seperti pohon keropos, pohon miring untuk dilakukan pemeriksaan," kata Winarto.

Pada Rabu, (8/9) malam hujan deras disertai angin kencang membuat sebatang pohon tumbang di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Peristiwa itu membuat gerobak bakso milik seorang pedagang tertimpa pohon tumbang tersebut. Peristiwa itu mengakibatkan lalu lintas mengalami kemacetan.

Petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kebakaran dan Penyelamatan (Gukarmat) Jakarta Selatan kemudian mengevakuasi pohon tersebut guna melancarkan arus lalu lintas di lokasi.

Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar