Di mana proses kerja sama di tahun 2021 hanya dilaksanakan di enam daerah, salah satunya Kota Tangerang, semoga kegiatan verifikasi dan validasi indikator IGI ini dapat menghasilkan output yang baik
Tangerang, Banten (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang yang telah menerima dan menjadi salah satu daerah percontohan Indonesian Governance Index (IGI) tahun 2021 dan Sinergitas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD).

"Di mana proses kerja sama di tahun 2021 hanya dilaksanakan di enam daerah, salah satunya Kota Tangerang, semoga kegiatan verifikasi dan validasi indikator IGI ini dapat menghasilkan output yang baik," kata Kasubdit Evaluasi Wilayah III Dit. EKPKD Kemendagri Dra. Imelda MAP dalam keterangan di Kota Tangerang, Kamis.

Sementara itu Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Tim Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kemendagri telah melakukan kunjungan ke Pemkot Tangerang hari Rabu (8/9) dalam rangka verifikasi dan validasi indikator IGI Kota Tangerang Tahun 2021

Ia menyampaikan pengukuran IGI merupakan bagian yang tidak terpisahkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang wajib dilaporkan setiap tahun melalui laporan LPPD sesuai Undang - Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Komitmen Pemkot Tangerang menjalankan pembangunan dituangkan dalam visi Kota Tangerang yaitu terwujudnya Kota Tangerang yang sejahtera, berahlakul karimah dan berdaya saing," katanya.

Wali Kota menjelaskan penjabaran dari visi tersebut yaitu mengembangkan kualitas sumberdaya manusia melalui mutu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

Selain  itu meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana kota yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi yang mandiri dan berkeadilan.

"Dalam masa pandemi COVID-19 upaya pemulihan ekonomi juga menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kota Tangerang," katanya.

Ia menambahkan dalam upaya Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan transparan di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang melakukan pemanfaatan teknologi informasi pada aktivitas pelayanan kepada masyarakat.

"Masyarakat bisa mengakses langsung single aplikasi yang disebut Tangerang Live Room, untuk mendapatkan respon cepat dari Pemerintah Kota Tangerang," demikian Arief R Wismansyah.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan Kemendagri Kota Terinovatif

Baca juga: Wali Kota Tangerang penuhi panggilan Kemendagri

Baca juga: Wali Kota Tangerang tegaskan tak ada pungli dalam pelayanan masyarakat

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021