kami layani vaksinasi COVID-19 sebanyak 500 dosis bagi jamaah Masjid Agung dan warga sekitar
Sidoarjo (ANTARA) - Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, memfasilitasi vaksinasi COVID-19 kepada jamaah Shalat Jumat di Masjid Agung Sidoarjo sebagai upaya meningkatkan kekebalan individu dan mencapai kekebalan komunal.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro di Sidoarjo, Jumat, mengatakan terdapat 500 dosis vaksin yang disiapkan untuk jamaah Shalat Jumat di masjid tersebut.

"Jamaah Shalat Jumat tersebut memperoleh suntikan vaksin COVID-19 di Bus Gerai Vaksinasi Mobile Polresta Sidoarjo di depan Masjid Agung Sidoarjo," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan patuh prokes meski zona kuning COVID-19

Ia mengatakan sasaran layanan vaksinasi dari Polresta Sidoarjo, adalah masyarakat Sidoarjo, khususnya jamaah Shalat Jumat Masjid Agung Sidoarjo.

"Mulai sebelum dilaksanakan Shalat Jumat sampai setelah Shalat Jumat, kami layani vaksinasi COVID-19 sebanyak 500 dosis bagi jamaah Masjid Agung dan warga sekitar, agar segera tercapai kekebalan kelompok," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Percepatan vaksinasi di rumah ibadah ini merupakan upaya yang dilakukan Polri bersama TNI dan pemerintah, selain tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Ika Unair Sidoarjo sasar vaksinasi COVID-19 kepada pelajar

Sebelum ke Masjid Agung, Kapolresta Sidoarjo juga memantau vaksinasi serentak di Pondok Pesantren Baitul Muttaqin, Sawotratap, Gedangan, Sidoarjo dan terdapat sekitar 300 dosis vaksin yang disiapkan bagi para santri di ponpes tersebut.

"Vaksinasi di pondok pesantren ini tujuannya sama halnya dengan di sekolah. Sebagai upaya percepatan terbentuknya kekebalan komunal bagi pelajar usia 12-17 tahun, sehingga mereka di saat menjalankan pembelajaran tatap muka menjadi tenang, lancar dan semuanya sehat terhindar dari COVID-19," kata Kusumo Wahyu Bintoro.

Takmir Masjid Agung Sidoarjo Mohammad Arifin menyambut baik adanya program vaksinasi di rumah ibadah.

Baca juga: Masker melorot jadi temuan saat penerapan PTM di Sidoarjo

"Aturan protokol kesehatan tetap kami terapkan. Ditambah dengan semakin gencarnya vaksinasi bagi jamaah di tempat ibadah, membuat pelaksanaan ibadah jadi tenang," ujarnya.

Sementara itu mengenai vaksinasi COVID-19 yang telah dilaksanakan Polresta Sidoarjo, sampai sekarang sudah mencapai 1.070.000 dosis vaksin baik untuk tahap pertama dan kedua bagi masyarakat Sidoarjo.

Karena itu Polres Sidoarjo akan terus memasifkan vaksinasi, termasuk di lingkungan sekolah, pesantren maupun tempat ibadah. Sehingga secepatnya tercapai target 70 persen masyarakat Sidoarjo tervaksinasi COVID-19.

Baca juga: 40,36 juta warga Indonesia telah menerima vaksinasi dosis lengkap



#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021