Mantan narapidana serahkan bantuan ke Lapas Kelas I Tangerang

id Lapas Kelas I Tangerang terbakar,narapidana serahkan bantuan,napi bantu lapas tangerang,lapas tangerang

Mantan narapidana serahkan bantuan ke Lapas Kelas I Tangerang

Mantan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana menyerahkan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan pakaian ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten. ANTARA/HO-Humas Ditjenpas.

Jakarta (ANTARA) - Mantan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana menyerahkan bantuan berupa sembako, obat-obatan dan pakaian ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten.

"Bantuan ini merupakan ungkapan rasa terima kasih dari mantan narapidana atas pembinaan dan pelatihan yang mereka dapatkan selama menjalani pidana di lapas," kata Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Tangerang Johnson Manurung melalui keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebelum ini, kata Johnson, beberapa orang warga binaan yang telah bebas juga memberikan sejumlah bantuan kepada Lapas Kelas I Tangerang, Banten usai musibah yang terjadi di lapas tersebut.

Baca juga: Kemenkumham upayakan pengobatan maksimal bagi korban kebakaran

Mantan narapidana yang menyerahkan bantuan tersebut saat ini telah memiliki usaha dan tergolong sukses. Sebagai bentuk syukur dan ungkapan terima kasih, mereka menyerahkan bantuan termasuk rasa kepedulian atas musibah kebakaran yang terjadi.

"Memang ada beberapa mantan warga binaan pemasyarakatan yang telah memiliki usaha dan berhasil," kata dia.

Selama menjalani pidana di lapas, para mantan narapidana tersebut mendapatkan berbagai pelatihan dan motivasi sebagai bekal ketika bebas. Bahkan, ada beberapa bengkel kerja di Lapas Kelas I Tangerang yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang.

Baca juga: Korban kebakaran di Lapas Tangerang bertambah tiga orang

"Alhamdulillah, untuk pembinaan di Lapas Tangerang ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah dan ada beberapa yang sudah besertifikasi," kata Johnson

Selain kegiatan pembinaan, Lapas Kelas I Tangerang juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi lainnya seperti kelompok-kelompok mengajar dan seni dari universitas negeri yang berada di Tangerang.

"Kami berharap ke depannya pembinaan di Lapas Tangerang semakin maju dan mampu melahirkan warga binaan yang andal dan berprestasi," ujarnya.

Baca juga: Delapan narapidana LP Tangerang masih dirawat

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar