Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Valtteri Bottas pada Jumat merebut pole position untuk sprint race jelang Grand Prix Italia di Sirkuit Monza.

Lap terakhir Bottas di Q3 membawa sang pebalap Finlandia menjadi yang tercepat di kualifikasi sprint race dengan catatan 1:19,555, sehingga menggeser rekan satu timnya, Lewis Hamilton ke peringkat dua dengan margin 0,096 detik demi membawa Mercedes mengunci baris terdepan.

Pebalap Red Bull Max Verstappen belum mampu mengalahkan duet Silver Arrow sejak FP1 pada jumat dan harus puas mengawali serangan dari P3 setelah berjarak 0,411 detik, sementara Lando Norris melengkapi baris kedua dengan mobil McLarennya, demikian laman resmi Formula 1.

"Terasa menyenangkan ketika Anda menjalani lap yang baik, pada akhirnya cukup lumayan mendapat tow," kata Bottas yang diuntungkan melaju di belakang mobil lain demi mendapat kecepatan ekstra hari itu.

"Saya merasa baik, rileks dan semuanya soal masa depan telah diselesaikan," kata pebalap yang bakal hengkang ke Alfa Romeo tahun depan itu.

"Mobil terasa baik, fokus untuk sprint race besok, mencoba mendapatkan poin maksimal dan kita lihat apa yag bisa kami lakukan pada Minggu."

Bottas akan mendapatkan penalti untuk balapan Minggu setelah melakukan pergantian komponen power unit. Jadi, di posisi manapun dia finis sprint race nanti, sang pebalap Finlandia akan memulai balapan pada Minggu dari paling belakang.

Rekan satu tim Norris, Daniel Ricciardo melengkapi peringkat lima besar dan bakal start di depan juara Grand Prix Italia tahun lalu Pierre Gasly dari tim AlphaTauri.

Duet Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc menghuni baris ketiga di P7 dan P8, sedangkan Sergio Perez belum bisa menandingi kecepatan rekan satu timnya di Red Bull dan bakal start dari P9 di depan mobil Alfa Romeo Antonio Giovinazzi.

Duet tim Aston Martin, Sebastian Vettel dan Lance Stroll tereliminasi di Q2, demikian pula pasangan tim Alpine Fernando Alonso dan Esteban Ocon gagal menembus sepuluh besar.

Verstappen menuju Italia dengan keunggulan tiga poin atas Hamilton di klasemen pebalap menyusul kemenangan di kampung halamannya di Zandvoort akhir pekan lalu.

Akan tetapi Red Bull belum pernah menang lagi di Monza sejak 2013.

F1 menggelar kembali sprint race di Monza setelah format baru itu debut di Silverstone.

Dengan demikian, kualifikasi akan digelar pada Jumat untuk menentukan posisi start sprint race pada hari berikutnya.

Poin diberikan kepada tiga pebalap teratas di sprint race, sedangkan posisi finis di balapan pendek pada Sabtu itu menentukan grid Grand Prix pada hari berikutnya.

Slipstream akan memainkan peran penting di sirkuit yang sangat sensitif dengan kekuatan mesin serta downforce rendah membantu mobil melaju dengan kecepatan penuh di hampir sepanjang putaran.

Dengan poin diberikan kepada pebalap yang finis tiga besar di sprint race, perebutan titel dapat imbang apabila Lewis Hamilton merebut pole position sedangkan Verstappen gagal masuk ke tiga besar.

Hamilton tahun lalu merebut pole di Monza, setelah mencetak lap tercepat sepanjang masa di F1 ketika Mercedes mengamankan dua baris terdepan, sementara Verstappen hanya di peringkat lima.

Verstappen merasa Monza bukan trek yang bersahabat bagi Red Bull, namun ia optimistis bisa menjadi gangguan bagi rival-rivalnya di balapan nanti.

"Saya cukup senang finis ketiga. Di balapan nanti kami berharap bisa lebih ketat," kata Verstappen.


Hasil kualifikasi sprint race Grand Prix Italia
1 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:19,555
2 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:19,651
3 Max Verstappen Red Bull Racing 1:19,966
4 Lando Norris McLaren F1 Team 1:19,989
5 Daniel Ricciardo McLaren F1 Team 1:19,995
6 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda 1:20,260
7 Carlos Sainz Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:20,462
8 Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:20,510
9 Sergio Perez Red Bull Racing 1:20,611
10 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen 1:20,808
11 Sebastian Vettel Aston Martin Cognizant Formula One Team
12 Lance Stroll Aston Martin Cognizant Formula One Team
13 Fernando Alonso Alpine F1 Team
14 Esteban Ocon Alpine F1 Team
15 George Russell Williams Racing
16 Nicholas Latifi Williams Racing
17 Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri Honda
18 Mick Schumacher Uralkali Haas F1 Team
19 Robert Kubica Alfa Romeo Racing Orlen
20 Nikita Mazepin Uralkali Haas F1 Team


Baca juga: Russell akan setara dengan Hamilton awali musim 2022 di Mercedes
Baca juga: F1 pertimbangkan tim wajib turunkan pebalap muda di sesi latihan Jumat
Baca juga: Hamilton 0,5 detik lebih cepat dari Verstappen di FP1 GP Italia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021