Kami berharap dengan hadirnya PT Freeport, perusahaan lain di Papua maupun di luar bisa ikut membantu Papua dalam menyukseskan PON di Bumi Cenderawasih
Jayapura (ANTARA) -
PT Freepot Indonesia memberikan bantuan sebesar Rp15 miliar bagi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021..

Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua Yunus Wonda di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Freeport Indonesia yang memberikan bantuan kepada PB PON, baik itu dalam bentuk uang cash sejumlah Rp15 miliar maupun dalam bentuk pembangunan arena di Kabupaten Mimika.

“Dukungan PT Freeport sangat luar biasa, kami berharap dengan hadirnya PT Freeport, perusahaan lain di Papua maupun di luar bisa ikut membantu Papua dalam menyukseskan PON di Bumi Cenderawasih,” katanya.
 
Menurut dia PON XX adalah ajang nasional, di mana Papua sebagai tuan rumah, untuk itu diharapkan ada dukungan sponsor dari perusahaan lain termasuk BUMN yang berada di Jakarta.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Freeport atas dukungannya kepada pemerintah dan PB PON Papua,” ujarnya.

Senada dengan Yunus Wonda, Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga mengatakan pihaknya berkomitmen menyukseskan PON sejak awal Papua ditetapkan sebagai tuan rumah pada 2013.
 
"PT Freeport sudah membangun arena atletik dan basket yang berada di lakasi Mimika Sport Center dengan menghabiskan anggaran Rp400 miliar lebih," katanya.
 
Dia menjelaskan selain itu, PT Freeport juga membantu PB PON dalam mobilisasi peralatan pertandingan cabang olahraga yang berada di klaster Mimika.
 
“Kami berkomitmen mensukseskan PON di Papua, yang lebih spesial lagi, kompleks Kuala Kencana Freepot akan dipakai sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga atletik nomor marathon dan jalan cepat,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar pelaksanaan PON XX di Tanah Papua dapat berjalan lancar walaupun masih dalam masa pandemi COVID-19.
 
"Tidak hanya dukungan dana senilai Rp15 miliar, PT FI juga akan memberikan bonus kepada atlet Papua peraih medali, hanya saja jumlah bonus yang akan diberikan masih dalam pembahasan oleh manajamen PT Freeport Indonesia," katanya..
 
 
Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda dan PT Freeport Indonesia yang diwakili Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga secara resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama Sponsorship dalam rangka penyelenggaraan PON XX tahun 2021 Papua.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, perusahaan tambang emas, tembaga dan perak itu membantu PB PON dana sebesar Rp15 miliar.


Baca juga: PT Timah bantu berangkatkan atlet Babel ke PON Papua

Baca juga: Tinjau kesiapan PON, Pertamina Papua Maluku bantu mantan atlet Merauke

Baca juga: PTPN V bantu Rp85,25 juta untuk atlet Taekwondo Riau ke PON XX Papua

Baca juga: Kemenhub bantu 258 kendaraan untuk PON XX di Kota Jayapura

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021