Jakarta (ANTARA) - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan pengembangan perpustakaan membutuhkan partisipasi dari masyarakat.

“Pengembangan perpustakaan membutuhkan insan yang cakap, tangguh dan andal. Dari tangan-tangan mereka, daya jangkau kebermanfaatan perpustakaan dan literasi tersebar hingga ke pelosok negeri,” ujar Syarif Bando di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan Perpusnas sebagai lembaga yang bertugas di bidang perpustakaan wajib memberikan penghargaan sesuai ketentuan yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 43 tentang Perpustakaan, Pasal 51 (Ayat 6) yang menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

“Melalui penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka, kami memberikan apresiasi pada masyarakat. Nugra Jasadharma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi dari Perpusnas setelah melihat kiprah dan sepak terjang mereka dengan berbagai penilaian dan pertimbangan,” ujar dia.

Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, lanjut dia, maka cita-cita negara untuk mencerdaskan anak bangsa bisa diraih bersama.

Nugra Jasadharma Pustaloka diberikan kepada pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, media massa dan lifetime achievement yang dinilai berhasil memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca.

Apresiasi dan penghargaan juga diberikan untuk pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik koleksi Perpustakaan Nasional, perpustakaan SLTA terbaik tingkat nasional, perpustakaan umum desa/kelurahan terbaik tingkat nasional, pemenang lomba bertutur SD/MI tingkat nasional, kontributor data tertinggi untuk repositori layanan penjelajahan pengetahuan satu pintu Indonesia OneSearch, serta provinsi dengan nilai tingkat kegemaran membaca tertinggi dan indeks pembangunan literasi masyarakat tertinggi di Indonesia Tahun 2020.

Penyerahan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021 dikemas dalam konsep hiburan bertajuk Gemilang Perpustakaan Nasional. Gemilang Perpustakaan Nasional menjadi ajang masyarakat untuk mengenali kegiatan Perpusnas yang inspiratif, informatif, komunikatif dan edukatif. Gemilang Perpustakaan Nasional akan diselenggarakan pada Selasa (14/9) yang diselenggarakan secara tatap muka dan virtual atau bauran.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021