TNI AL gelar Komsosmar di Pulau Jefman Raja Ampat

id potensi maritim ,tni al ,pembinaan maritim ,maritim tni al ,papua barat,raja ampat

TNI AL gelar Komsosmar di Pulau Jefman Raja Ampat

Kepala Kelompok Staf Ahli Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani bersama pejabat tinggi TNI AL lainnya saat menyerahkan sembako pada kegiatan Komsosmar yang dipusatkan di Kampung Yefman Barat, Raja Ampat, Selasa (14/9/2021). ANTARA/Ernes Broning Kakisina/am.

Sorong (ANTARA) - Komando Armada III menggelar kegiatan komunikasi sosial maritim atau Komsosmar dan pembagian sembako bagi masyarakat Pulau Jefman, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Selasa.

Kegiatan Komsosmar yang diikuti ratusan masyarakat Pulau Jefman dengan materi bela negara, wawasan kebangsaan, Covid-19, dan pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya laut dalam rangka program nasional pemberdayaan wilayah pertahanan laut TNI AL pada 2021.

Baca juga: Kasal tinjau serbuan vaksinasi maritim di Labuan Bajo

Komunikasi sosial maritm yang dipusatkan di Kampung Jefman Barat, ditinjau Kepala Kelompok Staf Ahli Komando Armada III TNI AL, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono, dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIV/Sorong, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, bersama pejabat tinggi lain TNI AL.

Sulistiyono dalam sambutannya menyatakan, hal ini upaya Komando Armada III TNI AL dalam membina potensi maritim di wilayah kerjanya untuk menjadi kekuatan pertahanan negara di laut yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Baca juga: ANCM ke-15, Kasal tegaskan keamanan laut kunci dukung "blue economy"

Komando Armada III TNI AL terus membina masyarakat maritim hingga di wilayah perbatasan dan pulau terluar secara berkesinambungan untuk menjamin rasa aman serta menjaga kedaulatan NKRI dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah menyebabkan adanya penyesuaian dalam berbagai aktivitas masyarakat termasuk aktivitas kegiatan pembinaan pertahanan kekuatan negara.

Baca juga: Ketua DPR: Indonesia harus bangun kekuatan maritim nasional

Dikatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi bangsa saat ini, tidak semata-mata akan menegaskan ancaman terhadap pertahanan negara. Terlebih lagi ancaman secara nyata.

Karena itu, guna menambah kekuatan dalam situasi seperti ini TNI AL membutuhkan komponen lainnya untuk menggandakan kekuatan dalam menunjang tugas dan fungsi pertahanan di laut baik intelijen, diplomasi dan lainnya.

Baca juga: Pengamat: Peran TNI AL jaga keamanan maritim harus menjadi perhatian

Ia berharap kegiatan Komsosmar di Pulau Jefman Raja Ampat tersebut dapat membentuk semangat juang masyarakat yang tangguh dalam menghadapi Covid-19 yang masih terjadi.

"Saya yakin dengan niat yang tulus kegiatan hari ini dapat memberikan motivasi dan edukasi dalam proses pembinaan potensi maritim di wilayah kerja Komando Armada III TNI AL yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pulau Jefman," katanya.

Baca juga: TNI AL peringati Hari Hidrografi Dunia 2017

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar