Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) meraih dua penghargaan dalam ajang Anugrah Humas Indonesia (AHI) 2021 yaitu kategori kementerian dengan laporan informasi publik terinovatif dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama terbaik.

"Prestasi ini tentu salah satu fakta bahwa performa kinerja pelayanan Kementan dipotret dan diapresiasi secara baik oleh publik. Ini menjadi motivasi sekaligus energi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, pencapaian ini tidak lepas dari peran kolektif semua orang yang bekerja di bidang informasi dan dokumentasi Kementan baik di pusat maupun daerah.

Dia mengatakan Kementan sangat terbuka untuk terus bekerja sama dan menerima masukan demi perbaikan dan peningkatan kinerja, terutama di masa pandemi sehingga upaya apapun yang dilakukan mampu mengakselerasi kualitas pelayanan publik.

Peneliti Sosial, Politik dan Pemerintahan pada Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Yoki Susanto, mengatakan bahwa penghargaan ini harus mampu menjadi pemacu sekaligus pelecut dalam mengelola informasi yang lebih baik.

"Optimalisasi sumber daya manusia di lembaga pemerintah terutama di pusat mutlak harus bisa menguasai teknologi informasi dalam bentuk dokumentasi dan pelayanan publik. Derajatnya dalam melayani rakyat harus ditingkatkan 10 kali lipat, harus kerja cepat, tepat dan cerdas," katanya.

Kinerja yang baik, menurut dia,  akan meminimalkan perilaku koruptif dan manipulatif yang dilakukan aparatur pemerintah baik di pusat maupun yang ada di daerah seluruh Indonesia.

"Karena itu pengelolaan informasi publik seyogyanya menggunakan sistem ter-integrasi melalui sistem teknologi informasi pada model big data. Model big data akan memudahkan lembaga publik melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelbagai program kegiatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang," kata dia.

Baca juga: Kementan raih penghargaan bidang inovasi pelayanan publik

Baca juga: Kementan raih penghargaan wilayah bebas korupsi

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021