Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2021 tak lama lagi bergulir di Energia Areena, Vantaa, Finlandia pada 26 September-3 Oktober.

Dari 16 negara yang tampil, India adalah salah satu tim yang mencuri perhatian. Bukan karena skuad tim yang hebat, sebaliknya mereka datang dengan komposisi pemain "pincang".

Hal ini mengingat absennya sejumlah pebulu tangkis andalan mereka pada sektor putri. Dari daftar nama yang tercantum dalam laman resmi BWF, tak ada nama Pusarla V. Sindhu.

Seperti diketahui, Pusarla V. Sindhu adalah tunggal putri andalan India yang saat ini menempati peringkat tujuh dunia.

Baca juga: Sindhu tunggal putri India pertama yang jadi juara dunia

Pebulu tangkis 26 tahun itu memilih absen di Sudirman Cup untuk fokus pemulihan setelah tampil dan meraih perunggu pada sektor tunggal putri di Olimpiade Tokyo 2020.

Tak hanya Sudirman Cup, pebulu tangkis yang meraih gelar juara dunia 2019 itu juga dikabarkan bakal absen di Uber Cup yang dijadwalkan bergulir di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober.

Selain Pusarla V. Sindhu, India juga tak akan diperkuat mantan pebulu tangkis nomor satu dunia Saina Nehwal yang sebelumnya diandalkan di berbagai kejuaraan beregu.

Baca juga: Sindhu rasakan tekanan dalam Olimpiade

Pemain muda dan pengalaman

Dengan absennya dua tunggal putri andalan, India berharap pada pemain muda yang masih berusia 20 tahun yakni Malvika Bansod dan pebulu tangkis 18 tahun Aditi Bhatt.

Saat ini, Malvika Bansod menempati peringkat 150 dunia. Pebulu tangkis yang lahir pada 15 September 2021 itu debut di kejuaraan internasional level senior pada 2019.

Sepanjang karier, dia tercatat meraih empat gelar. Pada tahun pertamanya, dia meraih gelar di turnamen Maldives International dan Nepal International 2019.

Kemudian tahun ini, dia juga berhasil mengantongi dua gelar masing-masing di Uganda International dan Lithuanian International 2021.

Sementara Aditi Bhatt yang masih junior. Piala Sudirman bakal menjadi debut pebulu tangkis yang lahir pada 16 Januari 2003 itu di turnamen beregu campuran paling bergengsi di dunia tersebut.

Melihat 12 daftar nama yang ada, India mengombinasikan antara pemain muda dan berpengalaman. Pada sektor tunggal putra, mereka memiliki pebulu tangkis kelas dunia yakni Srikanth Kidambi (28 tahun) dan B. Sai Praneeth (29).

Selanjutnya ganda putra

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021