Jakarta (ANTARA) - Tidak semua orang dianugerahi kehidupan yang mudah. Namun bukan berarti seseorang harus terus berpasrah pada kesulitan hidup. Semangat dan kegigihan untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi kedua anak remajanya membawa Febriani Intan menjadi mitra kurir di Lazada Logistics, layanan logistik milik Lazada Indonesia (Lazada).

Meski awalnya banyak yang memandang sebelah mata atas pilihan pekerjaannya itu, ibu tunggal ini membuktikan bahwa ia mampu berdikari dan memberikan kehidupan yang layak bagi kedua anaknya. Tidak hanya itu, satu unit mobil van pun telah dimiliki dari keikutsertaannya dalam vehicle ownership program (VOP) atau program kepemilikan kendaraan di Lazada Logistics.

Febriani memulai kegiatan setiap pukul 07.00 WIB di fasilitas logistik (hub) Lazada di Jatake, Tangerang, di mana dengan kendaraan van yang dimilikinya, Febriani mengambil paket pelanggan yang ditugaskan kepadanya dan akan ia antarkan ke area sekitar Kutabumi dan Pasar Kemis, Tangerang, Banten.

Baca juga: Lazada vaksinasi pelaku UMKM digital dan umum

Febriani merupakan satu-satunya mitra kurir pengemudi van perempuan dari hub Lazada di Jatake. Sekitar pukul 09.00 WIB, setelah menyusun paket-paket yang akan ia kirimkan ke pelanggan di van putihnya.

“Awalnya memang banyak yang mengejek saya. ‘Ah apa bisa kamu perempuan jadi kurir’. Tapi saya mah tutup kuping aja. Yang penting pekerjaan ini halal dan bisa membantu saya menghidupi dan menyekolahkan anak-anak. Sekarang sih orang-orang sudah bisa melihat sendiri bagaimana saya berhasil di pekerjaan saya,” ujar Febriani dalam siaran pers pada Jumat.

Ya, mobil van itu adalah milik pribadi Febriani yang didapatnya dari keikutsertaan di program kepemilikan kendaraan di Lazada Logistics, VOP. Dianggap memiliki kinerja yang baik, Febriani mendaftar dan diikutsertakan dalam program VOP sejak tahun 2019, setahun setelah ia bergabung dengan Lazada Logistics.

“Sungguh terasa seperti mimpi ketika saya pertama kali mengendarai mobil van tersebut. Dengan mobil itu, saya mampu mengantarkan lebih banyak lagi paket harian, sehingga pendapatan saya otomatis meningkat. Skema pembayaran untuk VOP pun tidak memberatkan dan masih bisa saya tutup dari pendapatan bulanan. Sayapun masih bisa hidup layak bersama anak-anak,” ungkap Febriani.

Program kepemilikan kendaraan berjenis van merupakan salah satu dari sekian banyak inisiatif yang dicanangkan Lazada melalui Lazada Logistics, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesejahteraan taraf hidup para mitra kurir di Lazada.

Dengan hadirnya VOP yang memberikan kesempatan mitra kurir memiliki kendaraan pribadi, aspirasi para mitra untuk bisa berkarya secara mandiri nantinya ataupun menikmati hasil jerih payah dapat terealisasikan. Dengan penawaran bantuan uang muka serta cicilan yang menarik, lebih dari 50 persen mitra kurir pengemudi di Lazada Logistics telah ikut serta dalam VOP.

“Keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan setiap mitra di Lazada Logistics, khususnya para mitra kurir, telah dan akan selalu menjadi prioritas utama kami. Karena itu kami terus menghadirkan berbagai inisiatif yang kami harap bisa menjadi penyemangat para mitra kurir menjalankan pekerjaannya. VOP ini menjadi bentuk apresiasi kami kepada mereka yang tidak hanya menjadi motor penggerak operasional bisnis kami, namun juga menjadi garda depan yang membantu bisnis brand dan penjual di Lazada bisa terus berjalan dan konsumen bisa mendapatkan paketnya dengan aman, nyaman dan tetap di rumah saja,” ujar Philippe Auberger, Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia.

Baca juga: Wirausaha wanita Asia Tenggara penggerak utama pertumbuhan e-commerce

Baca juga: Lazada rangkul industri lokal pasarkan produk di Pojok Otomotif

Lazada Logistics juga memberikan akses vaksinasi serta perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan kepada semua mitra kurir. Tidak hanya itu, Lazada Logistics juga bermitra dengan berbagai mitra strategis untuk memberikan kemudahan dan fasilitas tambahan untuk para mitra kurir.

Dengan Shell Indonesia misalnya, mitra kurir Lazada bisa menikmati diskon bahan bakar eksklusif di SPBU Shell, dan dalam kondisi tertentu, Shell akan memberikan asuransi sebagai keamanan tambahan saat mereka berada di jalan. Sementara dengan PT Pegadaian (Persero), kemitraan ini memungkinkan mitra kurir Lazada untuk meningkatkan literasi keuangan mereka dan dapat dengan mudah mengakses produk dan layanan Pegadaian, sehingga diharapkan nantinya mereka dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

Keluarga para mitra kurir pun juga turut menjadi perhatian. Untuk anak-anak mitra kurir, Lazada Logistics juga bermitra dengan Ruangguru untuk menyediakan akses tambahan ke pendidikan. “Kami memang memberikan komitmen penuh untuk melindungi dan memberdayakan para mitra kurir beserta keluarganya,” tambah Phillippe.

“Tentu banyak suka duka yang saya jalani sebagai kurir. Namun saya tetap bersyukur masih dianugerahi kesehatan untuk bisa terus bersemangat menjalani hari-hari sebagai kurir. Dengan jadwal mengantar paket lima hari dalam satu minggu, saya masih memiliki waktu luang untuk beristirahat yang cukup dan bersantai dengan anak-anak. Saya berharap rejeki saya masih akan terus bersama Lazada dalam waktu lama, dan kalau diperbolehkan, saya ingin memiliki mobil van kedua,” harap Febriani sambil tertawa.

“Memiliki mitra kurir seperti Ibu Febriani dalam barisan garda depan Lazada Logistics yang selalu bersemangat menjadi kebanggaan tersendiri. Komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik pun tercermin nyata dalam kegigihan Ibu Febriani mengantarkan paket pelanggan setiap harinya dengan aman dan tepat waktu. Sudah sepantasnya kami memberikan apresiasi melalui berbagai fasilitas yang tidak hanya bertujuan mendukung kinerja setiap mitra kurir, namun juga memastikan mereka memiliki penghidupan yang layak dengan kesejahteraan yang terus meningkat selama bekerja bersama kami di Lazada,” tutup Philippe.

Baca juga: Lazada siapkan ribuan "brand" ternama untuk 9.9 Big Brands Sale

Baca juga: Lazada tawarkan platform komplit bagi brand dan penjual Asia Tenggara

Baca juga: Konser JOOX Live buka rangkaian Festival Belanja The Bi99est Show

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021