Gianyar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan subsektor seni pertunjukan di Kabupaten Gianyar, Bali, melalui program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

Menurutnya, Gianyar telah mendapatkan penetapan sebagai satu dari sepuluh Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia pada tahun 2019 dengan memiliki tiga subsektor yang diunggulkan, yaitu seni pertunjukan, kriya, dan kuliner. Subsektor seni pertunjukan jadi yang paling terdampak karena pembatasan aktivitas di masa PPKM.

"Kami memiliki program bantuan untuk usaha pariwisata, termasuk sektor pertunjukan, pemerintah akan berupaya hadir tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, kami akan mendukung dalam bentuk hybrid di dalam event-event yang nantinya akan disiarkan melalui channel Youtube kami," ujar Sandiaga Uno di Gianyar, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya mendukung sektor seni pertunjukan menjadi unggulan di Gianyar sehingga perlu ditingkatkan untuk membuka lapangan kerja seluas mungkin bagi masyarakat dan bisa menjadi salah satu daya tarik unggulan untuk atraksi pariwisata.

Baca juga: Sandi apresiasi PNM bantu perekonomian dengan menjaga pelaku UMKM

Oleh karena itu, menurutnya, perlu ada kolaborasi dari para pemangku kepentingan agar dapat meningkatkan potensi sektor ekonomi kreatif.

"Dengan semakin meningkatnya ekonomi kreatif di Indonesia, maka ini menjadi peluang besar bagi munculnya usaha atau bisnis baru yang membantu menyelesaikan permasalahan pengangguran di Indonesia," ungkapnya.

"Tentunya diperlukan kolaborasi dan kerja sama untuk mendorong bangkitnya ekonomi kreatif Indonesia, khususnya di Gianyar,” kata Sandiaga Uno.

Kemenparekraf terus melakukan upaya pengembangan seni pertunjukan melalui program dan kegiatan yang relevan, seperti mengkondisikan iklim penyelenggaraan event yang kondusif di tengah pandemi melalui Direktorat Penyelenggara Event baik skala daerah, nasional bahkan internasional.

Baca juga: Menparekraf apresiasi inovasi bengkel restorasi Tuksedo Studio Bali

Selain itu, kegiatan seperti Kreatif Dari Rumah berupa program stimulus untuk para pelaku ekraf agar tetap produktif berkarya dari rumah; AKSILARASI (Aksi, Selaras, Sinergi) berupa pendampingan penciptaan dan pemanfaatan produk kreatif di bidang musik, seni pertunjukan, seni rupa, dan penerbitan di destinasi super prioritas dan juga melalui workshop KaTa Kreatif.

Melalui berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif para peserta, sehingga mereka dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, pemodelan bisnis, promosi digital, dan pengelolaan keuangan serta permodalan.

Baca juga: Menparekraf pesan 120 kain tenun khas Tenganan untuk G20 di Bali

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021