Tarakan (ANTARA) - PLN memastikan pasokan BBM High Speed Diesel (HSD) ke Unit Listrik Desa (ULD) Krayan Kecamatan Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara, aman, setelah kecelakaan pesawat Karavan Cargo di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, pada Senin.

"Selain memasok ke ULD Krayan, juga memasok untuk PLTD Pa' Upan dan PLTD Long Layu di Kecamatan Krayan Selatan, Nunukan," kata Manager PT PLN Persero UP3 Kalimantan Utara, Suparje Wardiyono di Tarakan, Senin.

Pesawat Karavan Cargo membawa kargo umum dan BBM HSD PLN sebanyak 6x200 liter atau sebanyak 1.200 liter dari Bandara Juwata Tarakan ke Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Krayan.

BBM HSD dalam keadaan aman dan sedang proses evakuasi untuk dikirimkan ke ULD Krayan.

Pengiriman BBM HSD PLN dari Tarakan ke ULD Krayan melalui penerbangan pesawat dari Bandara Juwata Tarakan ke Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Krayan, serta untuk PLTD Pa' Upan dan PLTD Long Layu melalui perjalanan darat dengan truk.

"Setiap bulan pengiriman BBM HSD PLN ke Krayan dan Krayan Selatan total sebesar 50.000 liter. Dengan beberapa penerbangan, total pengiriman per hari sebesar 2.600 liter," kata Suparje.

Guna mengantisipasi kekurangan pasokan BBM HSD untuk PLTD di Krayan dilakukan pengiriman dengan pesawat sehingga pasokan BBM HSD untuk ULD Krayan serta PLTD Pa' Upan dan PLTD Long Layu aman.

"Saat ini PLN telah berkoordinasi dengan semua pihak terutama Muspika Kecamatan Krayan untuk pengamanan pasokan BBM HSD untuk pembangkit listrik PLN," kata Suparje.
Baca juga: Pertamina: Stok BBM kawasan perbatasan Kalimantan aman
Baca juga: Laura: BBM satu harga tingkatkan perekonomian masyarakat perbatasan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021