Kelangkaan chip kembali pukul penjualan Hyundai

id hyundai,penjualan september

Kelangkaan chip kembali pukul penjualan Hyundai

Hyundai Tucson. ANTARA/Hyundai.

Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Company telah mengumumkan penjualan globalnya selama September 2021, dengan angka turun lebih dari 20 persen sebagai dampak pandemi dan kelangkaan pasokan semikonduktor (chip) yang memukul sektor otomotif.

Penjualan global Hyundai pada September lalu turun 22,3 persen menjadi 281.196 unit dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Hyundai tarik 95.000 Sonata dan Tucson gara-gara mesin bisa terbakar

Penurunan penjualan secara keseluruhan terutama disebabkan oleh meningkatnya kembali kasus COVID-19 dan gangguan pasokan suku cadang semikonduktor di seluruh dunia.

Hyundai Motor dalam pernyataan resminya dikutip Rabu, memperkirakan bahwa penjualan bisa melambat untuk kuartal keempat tahun ini di tengah kondisi bisnis yang buruk yang disebabkan oleh masalah yang sama.

Namun demikian, Hyundai Motor akan melakukan segala upaya untuk memulihkan momentum penjualannya untuk sisa tahun ini dan secara proaktif mengatasi risikonya.

Penjualan Hyundai September di luar negeri total mencapai 237.339 unit, turun 19,4 persen dari tahun sebelumnya, sedangkan di pasar domestik (Korea) turun 34,6 persen tahun-ke-tahun menjadi 43.857 unit.

Meski secara bulanan turun, untuk Januari - September 2021 penjualan Hyundai tercatat naik 12,3 persen dari 2,6 juta unit menjadi lebih 2,9 juta unit.

Baca juga: Hyundai tantang startup berkompetisi buat proyek EV

Baca juga: Hyundai Glovis akan perluas jaringan bisnis ramah lingkungan

Baca juga: Genesis GV60 bakal dilengkapi pengenalan wajah untuk buka tutup pintu

Pewarta : Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar