Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta para pemuda di tengah pandemi COVID-19 harus bisa menciptakan solidaritas dan soliditas dengan menguatkan simpul-simpul kebangsaan.

"Solidaritas dan soliditas berperan penting menghadapi berbagai tantangan, termasuk pandemi COVID-19," kata Hidayat saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertema "Peran Pemuda dalam Mengokohkan Simpul Kebangsaan di Tengah Kemajemukan dan Pandemi" di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan para pemuda bisa belajar mengenai peran pemuda pada masa perjuangan sehingga pemuda bisa eksis, menyatukan warga bangsa, dan menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

"Anak muda adalah bagian dari sejarah. Dari para pemuda masa lalu kita bisa belajar tentang solidaritas dan soliditas," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ingatkan partai politik jaga empat pilar

Hidayat meminta para pemuda untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan negara agar bisa berkiprah dan berperan.

Menurut Hidayat, dalam konteks hukum dan demokrasi tidak ada halangan atau membatasi kreasi anak-anak muda.

"Negara tidak menghalangi atau mempersulit semua anak muda dari latar belakang apa pun untuk berkreasi," ujarnya.

Justru, lanjut Hidayat, negara memberi ruang kepada anak-anak muda untuk tampil dan eksis mengokohkan kebersamaan dengan warga bangsa lainnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Tanamkan prinsip toleransi sejak dini

"Jangan dimubazirkan. Pemuda agar meningkatkan kualitas pribadi, intelektual, dan tanggung jawab moral. Karena perlu kompetensi untuk bisa berkompetisi baik di dunia nyata maupun di dunia maya," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato kunci dalam seminar kerja sama MPR RI dengan Gema Keadilan DKI Jakarta ini. Sedangkan sebagai narasumber Dr. Handi Risza (Wakil Rektor Universitas Paramadina), Dr. Agus Ismail M.Eng (motivator), dan Haris Pratama (Ketua Umum DPP KNPI).

Seminar juga dihadiri Komjen Pol (Purn) Drs H Adang Daradjatun, Dr Hj. Anis Byarwati, S.Ag, Drs H. Khoiruddin MSi (Dewan Pembina DPW Gema Keadilan DKI Jakarta), Ahmad Rachmawan, MSi (Ketua DPW Gema Keadilan DKI Jakarta), Andriyana, ST, MA (Ketua Kepemudaan DPW PKS DKI), Dikarno, SH (Kepala Bagian Sekretariat Wakil Ketua MPR RI).

Baca juga: HNW apresiasi langkah Polri tangkap terduga penista agama M Kece

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021