Jakarta (ANTARA) - Ajang pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021 resmi dibuka berbarengan dengan peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimnatan Timur (Gernas BBI Kaltim) pada hari ini, Selasa 12 Oktober 2021.

Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi dalam acara peresmian Gernas BBI Kaltim di Samarinda, Kaltim, Selasa, menjelaskan untuk pertama kalinya kegiatan Gernas BBI Kaltim dan Pertamina SMEXPO 2021 menggunakan in-house platform di https://smexpo.pertamina.com.

"Kegiatan Gernas BBI dan Pertamina SMEXPO ini merupakan Gernas BBI pertama yang kami gunakan in-house platform di https://smexpo.pertamina.com," katanya seperti dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa.

Dedi menuturkan Gernas BBI Kaltim terselenggara atas kerja sama Kemendes PDTT sebagai brand ambassador dan campaign manager bersama Pertamina.

"Ada 220 usaha mikro yang sudah dikurasi, beberapa di antaranya merupakan produk layak ekspor," imbuh Dedi.

Pertamina SMEXPO pertama kali diadakan pada tahun 2020 sebagai inovasi Pertamina untuk memperluas pasar UMKM melalui pameran virtual dan marketplace UMKM, terutama Mitra Binaan Indonesia.

Masyarakat dan UMKM umum dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada situs https://smexpo.pertamina.com.

Terdapat dua pilihan registrasi yakni sebagai penjual (UMKM) dan sebagai pembeli.

Untuk daftar sebagai penjual, UMKM perlu memasukkan informasi terkait usahanya. Mulai dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, sekilas tentang UMKM dan unggah foto produk. Kemudian membuat kata sandi untuk keamanan akun.

Sedangkan registrasi untuk pembeli lebih sederhana. Tinggal mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun.

Selain itu pengunjung dapat langsung melakukan pembelian besar melalui fitur Produk Grosir. Pada kategori ini, pengunjung dapat melakukan pembelian dengan harga lebih murah, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pertamina juga mengadakan SMEXPO Show Case 2021 yang dilakukan secara offline tanggal 15 – 17 Oktober 2021 di Mall Kota Kasablanka Jakarta.

Baca juga: Di Gernas BBI, Gubernur BI sebut 11,4 juta UMKM telah gunakan QRIS

Baca juga: Gubernur Isran Noor: Kaltim bangga jadi tuan rumah Gernas BBI

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021