Karena kita berbicara pangan bukan sekadar memproduksi, tapi bisa mengantisipasi krisis pangan dunia...
Gorontalo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel berharap kehadiran Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso di Gorontalo bisa menjadi momentum mendorong produktivitas pertanian, sebagai salah satu lokomotif untuk mengentaskan kemiskinan.

"Caranya yaitu meningkatkan produktivitas, bagaimana petaninya dan keterampilan petani," kata Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel pada kunjungan dan diskusi Program Ekosistem Pembiayaan KUR di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Menurutnya, peningkatan produktivitas juga perlu adanya pendekatan teknologi pembiayaan yang mendukung program mewujudkan kedaulatan pangan, seperti yang disampaikan oleh pemerintah.

"Karena kita berbicara pangan bukan sekadar memproduksi, tapi bisa mengantisipasi krisis pangan dunia dengan banyaknya musibah, baik gempa dan lainnya pangan menjadi hal yang sangat penting," kata Rachmat Gobel. 

Baca juga: Rachmat Gobel sebut Pelabuhan Anggrek lokomotif ekonomi Gorontalo

Wakil Ketua DPR Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) itu menjelaskan saat pandemi COVID-19 pun pangan menjadi hal yang utama.

"Nah Gorontalo yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa ini kita jadikan nilai tambah," ujar mantan Menteri Perdagangan itu. .

Sebelumnya Ketua Dewan Komisioner OJK  Wimboh Santoso melihat Provinsi Gorontalo memiliki potensi pengembangan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurut Wimboh, Provinsi Gorontalo memiliki kelebihan, seperti tanahnya luas, namun masih belum diolah secara optimal, selain itu sektor peternakan, pariwisata, dan perikanan, pun memiliki potensi.

Baca juga: Rachmat Gobel bakal bikin kawasan ekonomi halal di Gorontalo

Baca juga: Wakil Ketua DPR puji kinerja BI Gorontalo kembangkan UMKM


 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021