Telkomsel berkomitmen maksimalkan spektrum 5G

id telkomsel,5g,23 ghz,spektrum 5g

Telkomsel berkomitmen maksimalkan spektrum 5G

Ilustrasi - Pengembangan teknologi seluler generasi kelima 5th Generation/5G. ANTARA/applegazette.

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel akan memaksimalkan spektrum frekuensi radio 2,3GHz, yang saat ini mereka gunakan untuk menggelar layanan 5G komersial.

"Telkomsel akan memaksimalkan spektrum andalan 2,3GHz," kata Vice President Radio Access Network Engineering and Project Telkomsel, Akhmad Madces, saat sesi diskusi di Huawei Mobile Broadband Forum 2021, Kamis (14/10).

Telkomsel mendapatkan tambahan spektrum frekuensi radio sebesar 20MHz pada pita frekuensi 2,3GHz setelah lelang awal tahun ini.

Menurut Akhmad, setelah penataan ulang, frekuensi tersebut akan mereka gunakan untuk memaksimalkan layanan 4G dan 5G.

Operator seluler ini berkomitmen memberikan kecepatan 1GBps untuk pengguna layanan 5G yang mereka gelar sejak pertengahan tahun ini.

Baca juga: Telkomsel buka pameran 5G di PON XX Papua

Mereka juga berupaya mengembangkan layanan melalui spektrum 2,3GHz tersebut.

Salah satu potensi layanan yang mereka lihat bisa menggunakan spektrum 2,3GHz adalah Wireless To The X, yang semakin berkembang karena pandemi virus corona.

"Pasar (WTTX) akan tumbuh selama pandemi COVID-19 karena banyak pengguna yang harus bekerja dari rumah," kata Akhmad.

Telkomsel menjadi operator seluler pertama Indonesia yang menggelar layanan 5G komersial. Ketersediaan layanan 5G Telkomsel saat ini masih terbatas untuk titik tertentu di beberapa kota di Indonesia, termasuk diantaranya Jakarta, Makassar dan Solo.

Setelah meluncurkan layanan 5G, Telkomsel juga dihadapkan pada ketersediaan gawai yang sudah mendukung jaringan radio generasi terbaru ini.

Ponsel 5G sudah muncul lebih dulu, bahkan sebelum operator seluler meluncurkan layanan 5G. Sayangnya, pemegang merk ponsel masih mengunci fitur 5G untuk gawai yang sudah meluncur awal tahun ini.

Ponsel keluaran terbaru sudah bisa digunakan untuk menangkap sinyal 5G.

Telkomsel mengharapkan tahun depan, semakin banyak perangkat yang mendukung 5G dengan harga terjangkau. Menurut mereka, rerata pendapatan per pengguna (ARPU) layanan seluler di Indonesia termasuk yang terendah di dunia.

Baca juga: Telkomsel hadirkan Robocall untuk permudah layanan daring RS

Baca juga: Telkomsel REDI sediakan akses ke layanan bank dalam satu aplikasi

Baca juga: Telkomsel siapkan ribuan BTS 4G di wilayah 3T

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar