Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali mengapresiasi kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air.
 
"Tentunya patutlah kita berbangga hati sebagai partai pengusung pemerintah. Karena tidak gampang mengelola negara pada situasi pandemi ini," ujar Ahmad Ali dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.
 
Dia menilai pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin sukses menurunkan angka korban COVID-19 dan pemulihan ekonomi dengan cepat.
 
Ucapan Ali ini sesuai dengan hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) soal penanganan pandemi.

Baca juga: Pengamat apresiasi kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin di atas rata-rata
 
Dalam survei itu ada 64,6 persen warga menilai sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah pusat dalam penanganan COVID-19. Sementara yang kurang atau tidak puas sebanyak 32 persen. Sedangkan warga yang menjawab tidak tahu sebesar 3,4 persen.
 
Ahmad Ali yang juga ketua Fraksi Partai NasDem DPR itu mengatakan tanpa kepemimpinan yang kuat, pandemi yang menerpa Indonesia selama hampir 2 tahun ini sulit teratasi dengan baik dan cepat dengan stabilitas keamanan yang cukup baik.
 
Menurut dia, dalam situasi pandemi yang efeknya menjalar ke perekonomian dan politik itu cukup rawan akan terjadinya chaos, ditambah gelombang hilangnya jutaan lapangan pekerjaan.
 
"Tapi, dengan kepiawaian dan kepemimpinan yang baik situasi ini bisa tetap tenang. Ini yang dikelola dengan baik dengan pertimbangan rasional oleh pemerintah," tuturnya.

Baca juga: Lewat hilirisasi, strategi besar Jokowi ubah struktur ekonomi
 
Menurut dia, buah dari kesungguhan pemerintah terbukti ampuh. Pada laporan terakhir, ekonomi Indonesia sudah mulai tumbuh lantaran pandemi bisa dikendalikan dengan baik.
 
Saat ini rata-rata pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia berada pada level 2.
 
"Tentunya di situasi seperti ini tidaklah mudah. Kalau di sana sini masih kurang, itu sesuatu yang manusiawi. Kita berharap hal-hal yang masih kurang bisa segera diatasi, dan masih ada waktu 3 tahun ke depan, ini PR bersama bagi kita, partai pendukung dan pemerintah untuk memperbaiki kinerjanya. Sehingga di akhir pemerintahan semua ekspektasi bisa tercapai," ucap Ahmad Ali.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021