Ditjen Diktiristek gelar Munas BPSMI bina minat bakat seni mahasiswa

id Aris Junaidi, Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia

Ditjen Diktiristek gelar Munas BPSMI bina minat bakat seni mahasiswa

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Aris Junaidi. ANTARA/ HO-Ditjen Diktiristek.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek menggelar acara Musyawarah Nasional Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) sebagai wadah untuk pembinaan minat dan bakat di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek Aris Junaidi melalui siaran pers di Jakarta, Kamis menyampaikan bahwa dengan pembinaan seni mahasiswa Indonesia yang dilakukan oleh BPSMI, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiannya agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan peta jalan pendidikan yang mendorong mahasiswa Indonesia memiliki profil pelajar Pancasila yang memiliki pemahaman nilai budaya dan kemajemukan bangsa.

"Kami sangat berharap BPSMI akan terus melaksanakan tugas melakukan pembinaan seni mahasiswa Indonesia sehingga mahasiswa Indonesia bisa tidak hanya tekun dalam bidang keilmuan yang bersifat akademik, kognitif, tetapi juga harus aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya melalui kegiatan seni," kata Aris.

Dalam mengembangkan program-program pembinaan seni mahasiswa di Indonesia, menurut dia, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, baik itu BPSMI, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek, Pusat Prestasi Nasional, Ditjen Kebudayaan, perguruan tinggi serta pihak-pihak lain.

Menurutnya, kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting terkait dengan unsur-unsur kebijakan dalam pengembangan program.

"Karena kepengurusan ini merupakan kolaborasi dari berbagai pihak, maka nanti kepengurusan juga harus dipertimbangkan unsur-unsur terkait. Kepengurusan harus bisa mengakomodasi dan juga memudahkan menentukan kebijakan-kebijakan maupun program yang nanti akan dilaksanakan oleh BPSMI," katanya.

BPSMI merupakan organisasi pembinaan dan pengembangan kesenian di jenjang pendidikan tinggi yang berwenang serta bertanggung jawab membina, mengelola, mengembangkan, mengoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan kesenian mahasiswa di Indonesia.

Pada kegiatan ini dibahas mengenai beberapa hal, antara lain penetapan perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, laporan pertanggungjawaban BPSMI periode 2016-2021, penetapan Ketua Umum BPSMI periode 2021-2025 dan penetapan program kerja periode 2021-2025.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar