Giliran santri menjadi target sasaran vaksinasi Polres Sukabumi Kota

id Vaksinasi ,COVID-19,Kabupaten Sukabumi,Polres Sukabumi Kota,Herd Immunity,Kapolres,vaksinasi santri

Giliran santri menjadi target sasaran vaksinasi Polres Sukabumi Kota

Salah seorang santri Ponpes Sunanul Huda, di Kampung Cikaroya, RT 52/11, Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jabar sedang jalani vaksinasi COVID-19 dari tenaga kesehatan pada Rabu (28/10/2021). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Giliran ratusan santri di wilayah Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menjadi target sasaran pelayanan vaksinasi diselenggarakan Polres Sukabumi Kota dengan cara datang langsung ke pondok pesantren pada Rabu (27/10).

"Kami sengaja menyelenggarakan kegiatan gerai vaksin presisi di halaman ponpes untuk mempermudah santri dan pengurus ponpes mendapatkan vaksinasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, di Sukabumi, Rabu.

Vaksinasi massal untuk santri dan juga masyarakat yang tinggal di sekitar Sunanul Huda, Kampung Cikaroya RT 52/11 Desa Cibolangkaler melayani penyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua.

Kegiatan yang juga didukung Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) mendapatkan apresiasi dari pengurus ponpes, dan santri pun antusias mengikuti acara vaksinasi untuk masyarakat ini.

Menurut Zainal, ponpes merupakan salah satu lokasi rawan penyebaran COVID-19, karena muridnya datang dari berbagai daerah. Maka dari itu, giliran santri yang mendapatkan perhatian utama pihaknya untuk mendapatkan vaksinasi agar kekebalan kelompok atau herd immunity di ponpes segera terbentuk.

"Kami targetkan kegiatan vaksinasi yang digelar halaman ponpes bisa diikuti sebanyak seribu peserta, tetapi tidak menutup kemungkinan jumlah sasaran bertambah dan tokoh masyarakat bisa ikut menggerakkan warga yang ada di sekitar ponpes ini untuk mengikuti kegiatan vaksinasi," katanya pula.

Zainal mengatakan percepatan vaksinasi merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Diharapkan kerja sama seperti ini bisa juga diikuti oleh lembaga, institusi maupun komunitas lainnya.

Menurutnya pula, harus diakui, Kabupaten Sukabumi masih belum memenuhi target sasaran minimal terkait jumlah sasaran yang sudah menjalani vaksinasi. Sehingga sudah menjadi tanggung jawab Polres Sukabumi Kota untuk ikut meningkatkan capaian serta mempercepat penyebaran vaksinasi.

Walaupun hanya beberapa saja kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang masuk dalam wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, tetapi pihaknya akan terus berupaya agar sebaran vaksin ini merata hingga ke berbagai daerah. 
Baca juga: Binda DIY tuntaskan vaksinasi COVID-19 santri Ponpes Baitussalam
Baca juga: Gubernur Kalsel ajak ulama dan santri gotong royong lawan COVID-19

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar