Teheran (ANTARA News) - China akan bekerja sama dengan Iran membangun sebuah bendungan tertinggi di dunia, kata Menteri Energi Iran pada Senin.

"Salah satu peristiwa besar di sektor perairan adalah penandatanganan kontrak bisnis dengan China untuk pembangunan Bendungan Bakhthiari," kata Menteri Energi Iran Majid Namjoo seperti dikutip dalam laman resmi kementerian, demikian Reuters melaporkan.

"Bendungan itu akan menjadi yang tertinggi di dunia ... Kontraknya akan ditandatangani Iran dan China pada Senin," katanya.

Direktur Manajer Perusahaan Pengembangan Sumber Daya Listrik dan Air Iran, Mohammadreza Rezazadeh, mengatakan perusahaan asal China, Sinohydro Corporation, dan perusahaan Iran, Farab, akan terlibat dalam pembangunan bendungan di provinsi Lorestan di barat Iran, menurut laporan laman televisi pemerintah berbahasa Inggris, Press TV.

Rezazadeh mengatakan kontrak tersebut bernilai 2 miliar dolar. Bendungan tersebut akan memiliki tinggi 315 meter dan akan menjadi penampungan air terbesar dengan kapasitas 4,8 miliar meter kubik.

Pembangunan akan dimulai pada tahun baru Iran, yang akan dimulai pada 21 Maret. Proyek itu akan mendukung sebuah pembangkit listrik tenaga air dengan daya 1.500 megawatt. (PPT/M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011