Vaksinasi maritim TNI AL sasar warga pulau Mansinam Manokwari

id Vaksinasi masyarakat maritim, Fasharkan TNI AL Manokwari, vaksinasi COVID-19, pengobatan gratis

Vaksinasi maritim TNI AL sasar warga pulau Mansinam Manokwari

Kafasharkan  TNI AL Manokwari Kolonel Laut (T) Rahmadi Subagya meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 masyarakat maritim di pulau Mansinam kabupaten Manokwari provinsi Papua Barat, Rabu (3/11/2021). (ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

Manokwari (ANTARA) - TNI AL dari Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Manokwari melaksanakan vaksinasi maritim dengan menyasar masyarakat Pulau Mansinam Kabupaten Manokwari, Rabu.

Ratusan warga mulai dari pelajar hingga lanjut usia (lansia) terlihat antusias mendaftar untuk divaksinasi maupun pengobatan gratis.

Kafasharkan TNI AL Manokwari Kolonel Laut (T) Rahmadi Subagya mengatakan bahwa gelaran vaksinasi tersebut bertujuan membantu Pemerintah percepat terbentuknya kekebalan kelompok masyarakat pesisir dan kepulauan di provinsi ini.

Dia mengatakan bahwa vaksinasi masyarakat maritim di wilayah Timur Indonesia juga merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono melalui dan Panglima Komando (Pangko) Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah.

Baca juga: Fasharkan TNI AL Manokwari "jemput bola" vaksinasi nelayan di laut

Baca juga: Jangan terhasut, warga Papua Barat diimbau tak menolak vaksin COVID-19


"Sesuai perintah pimpinan TNI AL bahwa kita harus hadir atau menjemput bola, memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat pesisir dan kepulauan," kata Rahmadi.

Dia berharap dengan vaksinasi COVID-19, masyarakat Pulau Mansinam punya kekebalan tubuh yang dapat meminimalisir dampak buruk dari infeksi COVID-19.

"Meski sudah divaksinasi saya berharap masyarakat Pulau Mansinam tetap patuhi protokol kesehatan jika bepergian ke tempat-tempat umum maupun saat beraktivitas bersama dengan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini" katanya.

Selanjutnya Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut dr Azhar Zahir Manokwari, Mayor Laut (K) Prabowo Herbanu mengatakan sebanyak 4 orang tenaga dokter diturunkan melayani masyarakat Pulau Mansinam dalam pengobatan gratis.

Ia mengatakan selain berikan pelayanan vaksinasi COVID-19, tim medis Rumkital Manokwari juga beri pengobatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, mengingat keterbatasan akses dan fasilitas kesehatan di pulau tersebut.

"Total masyarakat Pulau Mansinam yang dilayani dalam serbuan ini sebanyak 223 orang, terdiri dari 57 orang divaksinasi COVID-19, 158 orang berobat, dan 8 orang menjalani operasi kecil," kata Herbanu.*

Baca juga: 1.495 tentara di Manokwari terima vaksin COVID-19 AstraZeneca

Baca juga: Panglima TNI minta tokoh Papua Barat dan Papua aktif jaga persatuan

Pewarta : Hans Arnold Kapisa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar