Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) RI Alue Dohong menyerahkan penghargaan Bintang Jasa Utama kepada peneliti asal Jerman Prof. Johann Goldammer atas kontribusinya dalam membantu Pemerintah Indonesia mengatasi masalah kebakaran hutan.

Pemberian penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo itu diberikan kepada Prof. Goldammer yang adalah Direktur Global Fire Monitoring Center (GFMC) dalam rangkaian acara di Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP 26) pada Kamis (4/11), demikian menurut keterangan KBRI Berlin yanh diterima di Jakarta, Jumat Goldammer adalah satu-satunya warga negara asing yang menerima penghargaan tersebut.

Sehubungan dengan penghargaan itu, Wamen LHK Alue Dohong mengatakan bahwa guna mengatasi persoalan kebakaran hutan, Pemerintah Indonesia tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan pihak lain, termasuk pihak swasta.

"Prof. Johann Goldammer telah berperan besar dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk mengatasi persoalan kebakaran hutan," ujarnya.

Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno pada kesempatan itu juga menekankan pentingnya keberhasilan Indonesia dalam isu lingkungan hidup, termasuk penurunan angka kebakaran hutan di Indonesia.

"Indonesia perlu menyusun strategi untuk menciptakan branding internasional terkait keberhasilan Indonesia di bidang lingkungan hidup, diantaranya penurunan deforestasi, keberhasilan restorasi gambut, pengelolaan hutan mangrove, dan juga penurunan kasus kebakaran hutan," kata Havas.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa pemberian penghargaan Bintang Jasa Utama kepada Johann Goldammer juga merefleksikan kemitraan antara Indonesia dan Jerman yang kuat di bidang lingkungan hidup.

"Jerman merupakan mitra penting Indonesia dalam pengelolaan hutan yang berkelanjutan," kata  Havas.

KBRI Berlin juga menyatakan siap untuk terus memperkuat kemitraan dengan Prof. Johann Goldammer di bidang lingkungan hidup.

Baca juga: Profesor Indonesia raih penghargaan dosen terbaik di Jerman
Baca juga: Tim Pertamina Innovation raih penghargaan inovasi di Jerman
Baca juga: Startup asuhan Kemenperin sabet penghargaan internasional di Jerman

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021