Ini merupakan bentuk syukur dan komitmen pemerintah daerah mendukung ajang World Supeebike (WSBK) maupun Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika November ini"
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Ribuan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat melakukan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan Bandara Lombok menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika guna menyambut World Superbike (WSBK) Mandalika 2021.

"Ini merupakan bentuk syukur dan komitmen pemerintah daerah mendukung ajang World Supeebike (WSBK) maupun Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika November ini" kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Tengah, Lalu Rahadian di Praya, Kamis.

Kegiatan gotong royong membersihkan sampah di sepanjang jalan menuju Mandalika diharapkan tampilan Lombok Tengah semakin bersih dan asri. Karena pada ajang balapan tersebut akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, para menteri dan wisatawan domestik maupun asing.

"Kita ingin tampilan Lombok Tengah itu lebih baik dan menarik. Sehingga bisa memberikan kesan yang baik bagi wisatawan," katanya.

Untuk itu, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri  meminta kepada semua ASN, Kepala OPD, Camat dan pemerintah desa untuk berpartisipasi dengan turun langsung untuk membersihkan sampah yang ada.

"Hari ini semua ASN turun melakukan gerakan bersih-bersih sampah di sepanjang jalan maupun ditempat destinasi wisata lainnya," katanya.

Menurutnya, WSBK dan Asian Talent Cup yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika itu diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, kesempatan ini akan membuka peluang kerja bagi masyarakat.

"Kita harus bisa memanfaatkan peluang ini dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Jumlah penonton pada ajang balapan seperti yang telah diumumkan sebanyak 25 ribu orang. Para penonton yang datang itu tentunya membutuhkan fasilitas tempat penginapan, makan dan minum atau lainnya.

"Sehingga mari kita sama-sama mendukung dan menyuksekan kegiatan tersebut dengan memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada para wisatawan," katanya.

Di Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional itu akan berlangsung ajang balap IATC tanggal 12-14 November dan dilanjutkan dengan balapan WSBK tanggal 19-21 November.

Selanjutnya tes pramusim MotoGP pada bulan Februari 2022 dan balap seri kedua MotoGP bulan Maret 2022.

Baca juga: Kunjungan Jokowi ke Mandalika bangkitkan ekonomi dan pariwisata NTB

Baca juga: Bapenda: WSBK dongkrak PAD Lombok Tengah 2021

Baca juga: Pembangunan "homestay" di sekitar Mandalika rampung menjelang WSBK

Baca juga: Target vaksinasi di Lombok Tengah capai 65 persen

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021