Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam amanat HUT Ke-76 Brimob Polri mengingatkan tantangan tugas yang semakin berat dan komplek dihadapi personel Polisi Istimewa tersebut, namun pengabdian terbaik kepada bangsa harus tetap dipertahankan.

Tantangan tersebut di antaranya, pengendalian pandemi COVID-19, penanggulangan bencana alam, pengamanan kegiatan-kegiatan bertaraf nasional dan internasional, hingga persiapan menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

"Ke depan saya ingatkan kita terus menghadapi tantangan semakin berat dan kompleks," kata Sigit di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok,  Jawa Barat, Minggu.

Dalam penanganan pandemi COVID-19, Sigit meminta jajaran Brimob ikut membantu pendisiplinan protokol kesehatan di masyarakat, penguatan "3T" (testing, tracing dan treatment), dan akselerasi vaksinasi hingga mencapai 70 persen guna terbentuknya kekebalan komunal masyarakat (herd immunity).

Sigit meminta jajaran Polri umum, Brimob khususnya dapat mempertahankan keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan laju pertumbuhan kasus positif, dan mencegah gelombang ketiga COVID-19 masuk ke Indonesia.

"Tentunya ini jadi tantangan kita bersama ke depan untuk menjaga pengendalian COVID-19 agar tidak muncul gelombang ketiga, terutama pada saat menghadapi natal dan tahun baru (nataru). Pengalaman tahun lalu, ada kecenderungan terjadi dua kali lipat dari situasi COVID-19 sebelum nataru," ujar Sigit.

Baca juga: HUT Ke-76 Brimob Kapolri jenguk anggota yang terluka saat bertugas

Baca juga: Prabowo Subianto dianugerahi warga kehormatan Brimob Polri

Baca juga: Korps Brimob Polri gelar vaksinasi di desa terpencil


Tantangan berikutnya, kata Sigit, pelaksanaan "event-event" besar bertaraf nasional dan internasional di Tanah Air. Penyelenggaraan ini karena Indonesia mampu menjaga laju pertumbuhan COVID-19.

Beberapa event yang telah dilaksanakan seperti PON XX Papua, Peparnas XIX Papua, Konferensi Polwan Sedunia. Dan yang akan digelar, balap motor dunia "Word Superbike" di Mandalika. Serta, tahun 2022 akan ada rangkaian KTT G20.

"Ini semua jadi tantangan kita semua, harus kita hadapi, di satu sisi hal ini positif karena dengan mampu melaksanakan kegiatan tersebut maka posisi Indonesia di mata internasional menjadi semakin baik. Juga memberikan 'multiplayer effect' yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang sempat terkontraksi tahun lalu," ujar Sigit.

Puncak peringatan HUT Ke-76 Brimob dilaksanakan secara luring dan daring, diikuti 34 Brimob Polda se Indonesia, dan dihadiri oleh pejabat tinggi Polri di Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pengheningan cipta untuk menghormati tiga anggota Brimob Polri yang gugur dalam bertugas di Satgas Operasi Madago Raya, Sulawesi Selatan, serta Satgas Operasi Nemangkawi, Papua.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021