Pontianak (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Brigjen Pol Asep Safrudin, mengatakan, sepanjang pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2021 di jajaran Polda Kalbar agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

"Kami imbau, baik kepada personel polisi dan masyarakat agar tetap menerapkan prokes sepanjang Operasi Zebra Kapuas 2021 dan kegiatan lainnya, dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata Safrudin seusai memimpin apel gelar Operasi Zebra Kapuas 2021 di halaman Mapolda Kalbar, Senin.

Dia menjelaskan, Operasi Zebra Kapuas 2021 ini dilaksanakan selama dua pekan, yakni mulai 15 hingga 28 November 2021.

Baca juga: Polisi ingatkan pengendara taat prokes saat Operasi Zebra di Fatmawati

Dia menambahkan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, pihaknya masih melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Kapuas tahun 2021.

Apel gelar pasukan ini mengusung tema "Melalui Operasi Zebra 2021 kita wujudkan Kamseltibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), serta pencegahan penyebaran COVID-19 dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam menggunakan protokol kesehatan khususnya di wilayah hukum Polda Kalbar".

"Operasi ini kami dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel, sarana prasarana serta pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan optimal dan berhasil sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas perlu dilakukan koordinasi antar instansi pemerintah, sinergi antar pemangku kepentingan yang menjadi sangat mendasar dalam menemukan solusi atas semua permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan di Kalbar.

"Tujuan dilaksanakan Operasi Zebra Kapuas 2021 yaitu meningkatnya disiplin masyarakat di jalan raya, kemudian meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

“Terakhir terwujudnya situasi Kamsebtilcar Lantas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Wakapolda Kalbar.

Dia juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dilaksanakan selama Operasi Zebra ini, yakni tetap meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kemudian tetap jaga keselamatan selama menjalankan tugas dan orang lain selama melaksanakan operasi, serta bertindak tegas namun tetap humanis terhadap setiap pelanggaran yang ditemukan selama operasi.

"Ini operasi kemanusiaan bagaimana kami wujudkan Kamtibmas dan keamanan serta kenyamanan dalam berlalu lintas," katanya.

Baca juga: Polisi petakan sasaran penindakan Operasi Zebra Jaya
Baca juga: Polres Jakpus tidak lakukan razia terpusat saat Operasi Zebra Jaya


 

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021