Kupang (ANTARA) - Ketua DPD PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur, Emilia Nomleni menilai provinsi berbasis kepulauan itu adalah salah satu daerah yang sering diterpa bencana alam.

"Bisa dibilang NTT ini adalah supermarketnya bencana alam," katanya di Kupang, Senin saat berbicara dalam Talk Show Siaga Bencana dan Pelantikan Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Daerah PDI Perjuangan NTT.

Ia menyebut hal itu karena berdasarkan data yang diterima sejumah bencana alam seperti gempa bumi, banjir, longsor dan angin kencang tersebar di seluruh wilayah NTT.

Tak hanya itu bencana kesehatan seperti stunting, gizi buruk dan berkaitan dengan kematian ibu anak lahir juga terjadi di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kemudian juga bencana pertanian karena kemarau dan bencana sosial berupa konflik warga pada daerah tertentu," tambah dia.

Karena itu menurut dia keberadaan Baguna yang baru dibentuk di NTT ini akan sangat membantu penanganan bencana di daerah itu yang rawan akan bencana.

Sehingga lanjut Emi yang juga Ketua DPRD NTT itu semua yang terlibat dalam Baguna mesti bekerja membantu rakyat di NTT jika ada bencana terjadi di NTT.

"Saya ajak semua yang masuk PDIP bukan hanya untuk calon legislatif tetapi siap untuk membantu rakyat karena siapa yang bekerja dan membantu rakyat tidak akan pernah dilupakan rakyat," tambah Emi.

Ketua DPRD NTT ini berharap dengan pelantikan pengurus Baguna ini terbangun kerja sama dan semangat gotong royong dalam mengatasi bencana dan adanya kesiapsiagaan menghadapi bencana.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021