Paris (ANTARA) - Nelayan Prancis merencanakan aksi protes terhadap penolakan Inggris untuk memberi mereka lebih banyak izin untuk beroperasi di perairan teritorial Inggris, kata seorang perwakilan nelayan pada Selasa, seraya mengancam akan memotong akses Inggris ke pasar tunggal Uni Eropa.

Prancis dan Inggris telah berselisih selama berbulan-bulan tentang berapa banyak lisensi yang harus diperoleh nelayan Prancis sebagai bagian dari kesepakatan pasca-Brexit. Prancis menuduh Inggris tidak memberikan izin yang cukup dan Inggris mengatakan pihaknya menghormati kesepakatan itu.

Tetapi dengan pembicaraan yang berlarut-larut, para nelayan telah memutuskan untuk mengambil tindakan, kata Olivier Lepretre, presiden badan bisnis yang mewakili kepentingan nelayan di Prancis utara.

"Tindakan sudah dekat," kata Lepretre.

Tanpa merinci bentuk tindakan yang akan diambil, dia menjelaskan bahwa itu akan memengaruhi perdagangan, dengan mengatakan: "Inggris ingin mendapatkan akses ke pasar Eropa? Mereka harus memberi kami lisensi. Jika tidak, kami akan memotong akses mereka."

Sumber: Reuters
Baca juga: Prancis: Brexit akan tanpa kesepakatan jika Inggris tak berkompromi
Baca juga: PM Inggris desak Presiden Prancis 'percepat' soal Brexit
Baca juga: Prancis: Inggris mengarah pada "Brexit" tanpa kesepakatan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021