Jakarta (ANTARA) - Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pemulihannya berjalan baik setelah ia menjalani operasi angkat prostat di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat.

Walaupun demikian, SBY masih akan menetap sementara di Rochester, Amerika Serikat, untuk keperluan kontrol sampai ia diperbolehkan pulang ke Indonesia oleh tim dokter.

SBY menyampaikan langsung kondisi kesehatannya kepada publik lewat tayangan video yang diunggah di media sosial Instagram @aniyudhoyono, yang kemudian diteruskan oleh Partai Demokrat di Jakarta, Selasa.

“Sejauh ini pascatindakan yang dilakukan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa yang saya alami sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” kata SBY.

Baca juga: SBY selesai operasi kanker prostat dan lanjut pemulihan di AS

“Mereka memiliki optimisme pada saatnya yang saya alami bisa diatasi dan kembali normal. Tentu, ini semua akan terjadi dengan pertolongan Tuhan yang Mahakuasa dengan teknologi, metodologi, keterampilan tim dokter di Mayo Clinic yang sebelumnya juga ditangani tim dokter di Indonesia,” tambah dia menerangkan.

SBY bulan ini didiagnosa oleh tim dokter mengidap kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang merawat SBY di Indonesia merekomendasikan ia dirawat di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat.

Mayo Clinic merupakan rumah sakit dan lembaga non profit yang memadukan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Kampus dan rumah sakit utama Mayo Clinic tersebar di beberapa negara bagian di AS, di antaranya Rochester, Minnesota; Scottsdale dan Phoenix di Arizona; dan Jacksonville di Florida.

Dalam unggahan video yang sama, SBY juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mendoakan kesembuhan dirinya.

“Ini pertama kali saya menyapa saudara-saudara di Indonesia setelah hampir 3 minggu saya di Rochester. Saya ingin mengucapkan terima kasih dengan rasa syukur dan haru, semua doa yang disampaikan kepada saya,” kata SBY.

Ia juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang telah menunjukkan kepedulian, perhatian, dan bantuan selama SBY berobat di AS.

“Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Indonesia Kelima atas perhatian, kepedulian, dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami saat ini,” ujar SBY.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah tokoh di dalam negeri dan luar negeri yang mendoakan kesembuhan dirinya. Tokoh-tokoh itu antara lain Jusuf Kalla, Boediono, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Baca juga: AHY temani SBY obati kanker di AS, sebut kondisi ayahnya stabil
Baca juga: Jubir Demokrat: Kondisi SBY sehat

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021