bermanfaat meringankan beban warga
Seirampah (ANTARA) - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, menerima bantuan sembako dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara untuk warga Kabupaten Serdang Bedagai yang terdampak banjir.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Kamis, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihak, termasuk HIPMI yang mau ikut terlibat dalam meringankan beban warga Serdang Bedagai terdampak banjir.

"Bantuan ini termasuk yang terbesar yang kami terima untuk mengatasi dampak banjir yang terjadi belakangan. Ini akan sangat bermanfaat meringankan beban warga dan kami akan sesegera mungkin menyalurkan bantuan tersebut kepada warga yang berhak," katanya.

Ia menyampaikan, banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan di Serdang Bedagai disebabkan oleh bermacam faktor, seperti sedimentasi yang mendangkalkan daya tampung sungai, banjir rob sampai cuaca ekstrem yang mengakibatkan curah hujan yang sangat tinggi.

Akumulasi dari faktor-faktor tersebut mengakibatkan luapan air yang membanjiri area pemukiman warga dan banjir yang terjadi kali ini merupakan banjir paling parah sejak 20 tahun belakangan.

"Kami intens turun meninjau langsung lokasi banjir. Selain menyalurkan bantuan, kami bersama dengan pihak terkait, terutama Dinas PUPR, BPBD dan BWS, juga aktif mencari solusi, baik yang sementara maupun jangka panjang," katanya.

Baca juga: Alumni Unimed serahkan bantuan korban banjir di Sergai
Baca juga: Bupati: Banjir di Sergai dampak meluapnya Sungai

Sebelumnya Ketua HIPMI Sumut Ade Jona Prasetyo mengungkapkan pihaknya tergerak untuk membantu Pemkab Serdang Bedagai dalam penanggulangan banjir yang menerjang, apalagi tahun ini bencana yang terjadi cukup parah.

Ia merinci, HIPMI Sumut menyerahkan bantuan untuk korban banjir sebanyak 2 ton gula, 2 ton minyak goreng, 500 papan telur dan 2.000 kotak teh.

"Bantuan ini semoga bisa berguna dan mampu meringankan beban para korban," katanya.

Baca juga: ACT bantu evakuasi korban banjir di Serdang Bedagai Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021