Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk saling memperkuat pengawasan yang dilakukan bersama Polairud (Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemelihara Keamanan Polri) terhadap masuknya produk pangan ke Indonesia

"Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Polairud yang telah mengadaptasi seluruh aktivitas karantina. Karena itu pengawasan pertanian harus semakin diperkuat," katanya ketika memimpin patroli laut di perairan Jakarta Utara sebagaimana dalam keterangan pers, Jakarta, Kamis.

Dalam kegiatan ini, Mentan berpatroli bersama dengan anggota Polairud Mabes Polri untuk memastikan pengawasan keluar masuknya produk pangan nasional sebelum tiba di gudang karantina Pelabuhan Tanjung Priok.

Patroli laut ini disebut sebagai implementasi dari MoU kerjasama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Kapolri beberapa waktu lalu terkait pengawasan terhadap pangan, termasuk pengawasan laut dan pengawasan udara.

"Kita harus mampu mendeteksi apa-apa yang terjadi pada aktivitas di pelabuhan-pelabuhan utama," ujar Syahrul.

Pada kesempatan itu, Mentan juga mengucapkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Polairud Mabes Polri yang semakin maju dan profesional. Ia mengaku bangga karena polisi air dan udara telah membuktikan diri sebagai kesatuan yang tangguh dalam menjaga wilayah.

“Bangsa harus melihat kerja semua jajaran kepolisian dan Kementan yang ada di laut ini sangat kuat. Negeri ini harus kita jaga bersama," ungkap dia.

Direktur Polair Korpolairud Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Brigjen Yassin Kosasih menyampaikan terimakasih atas kerjasama Kementan dengan Polri terhadap pengawasan pangan.

Sejatinya, kegiatan seperti ini dikatakan sudah digelar sejak awal tahun 2021 yang dalam setiap kegiatannya selalu melibatkan Badan Karantina Pertanian. "Patroli ini sudah berjalan dari awal tahun sesuai dengan kebutuhan,” ucap Brigjen Yassin.

Baca juga: Mentan lepas ekspor pertanian Rp568,7 miliar ke 26 negara tujuan
Baca juga: Presiden bersama Menko Ekonomi dan Mentan tanam jagung di Janeponto
Baca juga: Kapolri dan Mentan sepakat perkuat ketahanan pangan Indonesia

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021