Wakil Ketua MPR dorong pemerintah siapkan keberangkatan jemaah umrah

id Umrah saat Pandemi,Kebijakan Umrah,Kesiapan Jemaah Umrah ,Jemaah Umrah Indonesia

Wakil Ketua MPR dorong pemerintah siapkan keberangkatan jemaah umrah

Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/foc)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mendorong pemerintah untuk mempersiapkan keberangkatan jemaah umrah usai pihak Kerajaan Arab Saudi mengumumkan membuka penerbangan langsung bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia terhitung sejak 1 Desember 2021.

“Jadikan kebijakan tersebut sebagai momentum memperbaiki kinerja dalam mengirim jemaah umrah dengan memastikan sisi aman, sehat, dan selamat,” ujar HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Untuk itu, ia mendorong Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan bekerja sama melakukan langkah preventif, seperti memudahkan didapatkannya booster vaksin untuk meningkatkan imunitas para calon jemaah dan akurasi tes usap di bandara menjelang keberangkatan mereka.

HNW juga mendorong adanya koordinasi antara Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan terkait kesiapan maskapai dalam memberangkatkan para jemaah umrah menuju Tanah Suci.

Baca juga: PPIU Palembang sambut gembira umrah tanpa karantina
Baca juga: Menag sebut WNI bisa masuk Arab Saudi tanpa vaksin penguat
Baca juga: Warga Indonesia bisa terbang langsung ke Arab Saudi mulai Desember


Kesiapan tersebut, jelas HNW, meliputi penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan para awak dan pesawat yang ditumpangi jemaah umrah terbebas dari virus COVID-19. Selain itu, ia juga berharap tidak ada kenaikan harga tiket pesawat yang akan memberatkan jemaah, apalagi di tengah dampak ekonomi pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini.

“Semoga pemerintah menyiapkan aturan yang mempermudah jemaah umrah, harga tiket pesawat juga tak membebani, tapi tetap hati-hati soal COVID-19 apalagi dengan varian Omicron yang baru,” ujar HNW.

Dengan demikian, lanjutnya, Indonesia pun akan semakin dipercaya untuk mengirimkan jemaah umrah.

Para jemaah itu, tambah dia, dapat mendoakan keselamatan dan kesehatan umat, bangsa, dan negara Indonesia di Tanah Suci nantinya sehingga mereka sebenarnya dapat berkontribusi dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Di samping itu, Hidayat Nur Wahid menyampaikan apresiasinya terhadap langkah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama RI. Ketiga kementerian itu telah melakukan diplomasi kolektif kepada pejabat mitra di Kerajaan Arab Saudi sehingga perjalanan umrah bagi masyarakat Indonesia dibuka.

“Kami apresiasi langkah diplomasi Menteri Agama RI dan jajarannya, Kemenlu, dan Kemenkes, serta bersyukur atas kebijakan terbaru Arab Saudi yang membuka penerbangan langsung dari sejumlah negara termasuk Indonesia,” ucapnya.


Pewarta : Tri Meilani Ameliya
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar