Menteri Sosial salurkan bantuan untuk kebutuhan korban banjir di Garut

id Menteri sosial, tri Rismaharini, banjir bandang, banjir Garut, banjir Sukawening

Menteri Sosial salurkan bantuan untuk kebutuhan korban banjir di Garut

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (29/11/2021). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini mendatangi langsung daerah yang terdampak banjir bandang untuk memberikan berbagai paket bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin.

Perempuan yang akrab dipanggil Risma itu datang didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, anggota DPRD Garut, dan sejumlah pejabat pemerintah daerah untuk menyerahkan bantuan langsung kepada masyarakat.

Mantan Wali Kota Surabaya itu memberikan langsung bantuan paket kebutuhan pangan maupun peralatan lainnya yang dibutuhkan korban banjir bandang.

Risma menyampaikan Kementerian Sosial siap memasok kebutuhan bagi korban bencana alam yang akan dikirimnya langsung ke lumbung sosial yang dibuat di Garut.

"Kita bantu untuk mengisi lumbung itu, nanti ada anak-anak (pegawai kementerian, red.) itu bisa ditangani," katanya.

Baca juga: Wonosoco Kudus kembali dilanda banjir bandang

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan bantuan yang disiapkan berupa minuman dan makanan seperti beras, alat-alat dapur dan peralatan rumah tangga lainnya.

"Ada makanan dan minuman, beras, alat-alat dapur, rumah tangga," katanya.

Ia menyampaikan daerah yang terdampak banjir bandang yakni di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah, peristiwa itu hanya merusak rumah dan tidak ada korban jiwa.

Pemerintah daerah, kata dia, sudah menyiapkan tiga lokasi pengungsian untuk warga yang rumahnya terdampak maupun terancam bahaya bencana banjir bandang.

"Total mengungsi di sini (Sukawening, red.) 60 jiwa, kalau di sana (Karangtengah, red.) di atas 66 di bawah 109 jiwa," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut janjikan ganti rugi warga terdampak banjir bandang
Baca juga: Wabup Garut: Banjir bandang timpa dua kecamatan tak timbulkan korban

Pewarta : Feri Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar