Rakyat diharapkan terus berwaspada dan berdisiplin dalam menjaga keselamatan diri dan orang sekeliling
Kuala Lumpur (ANTARA) - Pemerintah Malaysia menangguhkan peralihan fase pandemi COVID-19 ke endemi akibat merebaknya varian baru Omicron dengan memperketat perbatasan internasional.

"Musyawarah Menteri COVID-19 hari ini memutuskan untuk menangguhkan usaha kita  beralih dari fase 'pandemi  ke endemi' hingga kita mengetahui lebih lanjut tentang Omicron," kata Menteri Pertahanan Malaysia, Hishamuddin Hussein usai rapat di Kuala Lumpur, Selasa.

Dia mengatakan penangguhan peralihan fase endemi merupakan salah satu dari beberapa pendekatan yang segera dilaksanakan.

Dia mengatakan pendekatan lainnya adalah pengawalan perbatasan internasional yang lebih ketat terhadap negara-negara yang telah melaporkan penyebaran Omicron.

Baca juga: Malaysia hapus sebagian biaya COVID-19 bagi WNA di KLIA

"Kementerian Kesehatan Malaysia akan mengumumkan secara terperinci tidak lama lagi," katanya.

Pada masa sekarang, ujar dia,  prosedur standar operasi (SOP) dalam negara untuk negara-negara bagian dalam fase tiga dan empat masih berlaku.

"Rakyat diharapkan terus berwaspada dan berdisiplin dalam menjaga keselamatan diri dan orang sekeliling," katanya.

Hishammuddin mengatakan varian baru ini bukan saja telah menular di selatan benua Afrika, tetapi juga di beberapa  negara antara lain di Italia, Denmark, Australia, Inggris, Belgia dan Hong Kong.

"Walaupun hingga hari ini kita tidak dengar kasus di negara kita, tetapi tindakan berhati-hati terus dilaksanakan," katanya.

Menanggapi usulan Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa agar pembatasan perjalanan ke negara tersebut dibatalkan, Hishammuddin mengatakan keputusan untuk menutup adalah berlandaskan risiko keselamatan dan nasihat dari Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).

Baca juga: Singapura wajibkan tes antigen pelancong Malaysia antisipasi COVID-19
Baca juga: Malaysia laporkan 6.243 kasus baru COVID-19

 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021