Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan bahwa aktivitas atau mobilitas masyarakat di rumah semakin menurun pada November 2021 jika dibandingkan pada Oktober 2021.

"Sebaliknya, aktivitas penduduk di beberapa tempat umum mengalami perbaikan," kata Margo Yuwono saat menggelar konferensi pers secara virtual, Rabu.

Misalnya, lanjut Margo, aktivitas di tempat perdagangan ritel dan rekreasi yang mengalami kenaikan 5,3 persen pada November 2021 dibandingkan bulan sebelumnya.

"Angka tersebut juga lebih baik dibandingkan kondisi normal," ujar Margo.

Margo menyampaikan, hal yang sama terjadi di tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang juga mengalami peningkatan 24,2 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya, juga lebih tinggi ketimbang kondisi normal.

Sedangkan aktivitas penduduk di taman, lanjut Margo, juga lebih baik dibandingkan kondisi normal.

Kemudian, aktivitas di tempat transit juga mengalami perbaikan, meskipun belum kembali pada posisi normal karena angkanya masih minus 16 persen pada November jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, Margo menambahkan bahwa aktivitas di tempat kerja juga menunjukkan perbaikan, karena semakin banyak orang yang masuk kerja.

Namun, kondisi tersebut belum kembali ke posisi normal, karena angkanya masih minus 9,9 persen jika dibandingkan periode dasar pada Januari 2020.

Baca juga: Satgas catat peningkatan mobilitas masyarakat dan angka penularan
Baca juga: Menkominfo imbau masyarakat patuhi aturan mobilitas jelang musim libur
Baca juga: BPS bakal adakan sensus penduduk lanjutan pada 2022

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021