Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bekerja sama dengan PT. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) dengan tujuan mengembangkan sport tourism yang juga meliputi sport industry dan sport science.
 
Penandatanganan berkas kerja sama telah dilakukan Sekretaris Jenderal KONI Pusat Tubagus Ade Lukman Djajadikusuma, MEMOS dan Direktur Utama PT. TWC Edy Setijono di Teater & Pentas Ramayana Prambanan, Selasa (30/11).
 
Ade Lukman mengapresiasi TWC yang melibatkan olahraga dalam membangun potensi pariwisata.

“Mewakili KONI Pusat, saya sampaikan apresiasi kepada TWC yang telah mengajak KONI berkolaborasi membangun Indonesia melalui olahraga,” kata Ade Lukman dalam keterangan resminya, Rabu.
 
Menurut dia, adanya kegiatan olahraga akan menambah nilai dari pariwisata itu sendiri. Perekonomian juga meningkat lebih dengan adanya kegiatan olahraga. Wisatawan akan melakukan belanja kebutuhan dan perlengkapan olahraga akibat euforia kegiatan yang ada.
Salah satu bukti konkret perekonomian yang terdongkrak kegiatan olahraga adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.
 
“PON XX meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tahun 2021 sebesar Rp 1.222,84 milyar atau 0,7 – 1,1% (yoy),” ujar Ade Lukman.
 
Sementara itu, Edy Setijono mengatakan program ini menjadi salah satu bagian dari perwujudan quality tourism.

"Kami mendukung program sport tourism yang memang mengombinasikan antara quality tourism, wellness dan sport tourism,” tutur Edy.
 
“Kami sepakat bersinergi untuk menghadirkan pariwisata yang unik serta berkualitas sehingga menciptakan pasar baru yang diminati masyarakat, terutama di saat pandemi. Selain itu, tentu kami mendukung upaya pemerintah serta KONI untuk meningkatkan prestasi olahraga dan industri turisme di Indonesia,” tambahnya.
 
TWC menangkap peluang dengan menyusun program Temples Cycling Tour dengan rute Prambanan-Borobudur. Paket wisata sepeda dengan jalur Candi Prambanan-Candi Borobudur ini dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya pecinta sepeda dan komunitas pesepeda.

Dalam paket ini, peserta gowes akan diajak melintasi beberapa candi, yaitu Candi Prambanan, Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu. Setelah itu, mereka akan diajak melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur. 

Baca juga: LPDUK Kemenpora jalin kerja sama sinergi kembangkan sport tourism 
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021