Kami saat ini sudah dan sedang menangani asesmen beberapa klien di industri migas terkait dengan nilai TKDN
Jakarta (ANTARA) - PT Surveyor Indonesia (Persero) atau PTSI, selaku BUMN jasa survei, siap membantu pemerintah menuntaskan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) industri hilir migas.

"Kami saat ini sudah dan sedang menangani asesmen beberapa klien di industri migas terkait dengan nilai TKDN. Kami sudah lama membentuk unit khusus yang menangani TKDN dengan jumlah auditor yang cukup banyak dan akan terus bertambah kapasitasnya. Untuk tim auditor ini kami menekankan kecepatan dan ketepatan," ujar Direktur Utama PTSI M Haris Witjaksono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, PTSI saat ini menangani kegiatan asesmen di hilir migas pada penambahan kapasitas kilang di Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Langit Biru Cilacap, RDMP Kilang Balikpapan Lawe-lawe dan kilang baru grass root refinery (GRR) di Pertamina Rosneft, Tuban.

Threshold TKDN industri hilir migas masih terus digodok hingga saat ini, meski industri hulunya sudah melangkah jauh. Nilai TKDN hulu migas saat ini bergerak mendekati target akhir tahun 60 persen. Dengan demikian diperlukan peran aktif dari berbagai pihak agar masalah threshold itu bisa teratasi segera.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo menyoroti masalah threshold TKDN di industri hilir migas yang masih dalam tahap perhitungan yang matang.

Dia mengingatkan usaha industri khususnya minyak dan gas yang menjadi sumber daya Indonesia memberi kesempatan kepada industri penunjang migas dalam negeri sehingga bisa meningkatkan nilai TKDN.

Sementara itu, Pjs VP Local Content Utilization Management PT Pertamina Holding (Persero) Abdul Manan mengakui bahwa pihaknya sangat serius dalam melakukan implementasi TKDN mulai dari membentuk fungsi khusus TKDN setingkat VP di organisasi hingga melakukan roadshow sosialisasi Vendor Day dan internal secara maraton.

"Kami sudah mendapatkan progres baru asesmen TKDN dengan nilai 50 persen yang diverifikasi oleh Surveyor Indonesia," ujar Manan.

Baca juga: Surveyor Indonesia bertekad naikkan kelas UMKM lewat sertifikat TKDN
Baca juga: Kemenperin dan Surveyor Indonesia dukung industri farmasi Indonesia
Baca juga: Erick Thohir fokuskan Surveyor Indonesia pada penerapan TKDN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021