Jakarta (ANTARA) - Dompet digital DANA meraih dua penghargaan internasional berkat sistem keamanan siber berstandar tinggi serta inovasi teknologi yang diimplementasikan ke dalam platformnya.

Dikutip dari keterangannya pada Jumat, pengakuan itu terefleksi dari penghargaan yang diterima Chief Technology Officer DANA Norman Sasono dalam CIO75 2021 dan VP of IT Security DANA Andri Purnomo dalam CSO30 ASEAN Awards 2021.

CIO75 2021 dan CSO30 ASEAN Awards 2021 merupakan penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh IDG (International Data Group) yaitu perusahaan media, data, dan layanan pemasaran teknologi terkemuka di dunia.

Adapun CIO75 2021 mengakui 75 senior eksekutif Cyber Innovation teratas yang telah mendorong inovasi, memperkuat ketahanan, dan membawa perubahan signifikan di seluruh Asia Tenggara dan Hong Kong, sementara CSO30 ASEAN Awards menganugerahkan 30 Cyber Security eksekutif.

Baca juga: Kolaborasi Kemenkeu-dompet digital bantu capai target pajak

"Perkembangan teknologi yang makin mutakhir senantiasa menjadi perhatian kami. Sebab, teknologi adalah komponen penting yang mampu mendukung jalannya dompet digital DANA tidak hanya untuk kemudahan bertransaksi nontunai, tetapi juga melindungi keamanan data pengguna," kata Norman.

Dalam praktiknya, DANA menggunakan keamanan berlapis yang mengkombinasikan teknologi terbaru dan solusi biometrik untuk mendapatkan pengalaman terbaik melalui kecepatan layanan tanpa perlu mengingat kata kunci yang biasanya dibuat cukup kompleks.

Hal ini diwujudkan dengan hadirnya teknologi DANAVIZ (Visual Identity AuthoriZation) yang mampu mengotentikasi wajah manusia dari gambar digital atau bingkai video terhadap database wajah.

Selain inovasi teknologi, DANA juga menjamin keamanan dalam dompet digital DANA dengan melindungi sepenuhnya informasi sensitif seperti informasi kredensial (kata sandi, token, dan lainnya) dan informasi pribadi. Seluruh informasi sensitif tersebut terenkripsi untuk memastikan bahwa data sensitif terlindungi dengan baik.

DANA menggunakan keamanan berlapis yang mengkombinasikan teknologi terbaru dan solusi biometrik, misalnya Sistem Pendeteksian Penipuan (FMS) dan Sistem Pendeteksian yang bukan dilakukan oleh manusia (RDS) berbasis teknologi kecerdasan artifisial (AI).

Setiap tahun DANA juga selalu memperbarui sertifikasi keamanan global seperti sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang berhubungan dengan bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek, serta sertifikasi ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan.

Bukti keseriusan DANA dalam mengedepankan keamanan pelanggan juga kami buktikan dengan hadirnya DANA Protection, yaitu fitur jaminan proteksi 100 persen untuk kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Pengguna DANA tumbuh 43 persen kuartal tiga 2021

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi bisa diakses dari dompet digital

Baca juga: DANA berikan fitur bayar sekolah

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021