Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk berkolaborasi dengan IPB University mendorong Campus Financial Ecosystem melalui aplikasi IPB Cashless untuk mewujudkan cashless society.

Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Ekosistem Perguruan Tinggi dan beberapa perjanjian kerja sama yang meliputi kerja sama IPB Cashless, penyaluran BNI Fleksi pendidikan mahasiswa pascasarjana S2/S3, magang bersertifikat, Early Recruitment Program (ERP), dan pemberdayaan UMKM mitra binaan IPB melalui Program BNI Edupreneur.

"BNI terus bertransformasi memberikan yang terbaik untuk solusi institusi pendidikan karena di era digitalisasi, peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mengisi berbagai perubahan pengelolaan bisnis yang masuk era digital," ujar Direktur Hubungan Kelembagaan BNI (Persero) Tbk Sis Apik Wijayanto dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Maka dari itu ia berharap penerapan Campus Financial Ecosystem di IPB University bisa memberikan layanan dan sistem jasa keuangan yang lengkap, serta solusi digital yang terintegrasi, baik berupa dukungan korporasi, sistem manajemen tunai, layanan produk konsumer, dan solusi teknologi informasi lainnya.

Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan dari hubungan kemitraan BNI bersama IPB University sebagai pelopor cashless society di kawula muda Indonesia, sehingga fitur IPB Cashless pada aplikasi IPB Student Mobile diharapkan mempermudah transaksi pembayaran mahasiswa di lingkungan kampus dengan satu aplikasi.

Baca juga: IPB-BNI berkolaborasi majukan usaha bidang pertanian

Adapun fokus BNI kali ini adalah menyediakan transaksi perbankan digital secara customized dengan menerapkan closed loop transaction di lingkungan kampus, yang dapat dimanfaatkan seluruh civitas akademika IPB University.

Rektor IPB University Arif Satria mengatakan Campus Financial Ecosystem adalah bentuk inovasi BNI yang dibutuhkan civitas akademikamelalui digitalisasi keuangan yang terintegrasi bagi Kampus IPB University.

"Dengan ekosistem closed loop ini dosen atau staf pengajar, staf pegawai, mahasiswa, dan lebih luas lagi, sampai dengan keluarga mahasiswa serta pelaku usaha di lingkungan IPB University," ungkap Arif.

Program BNI lainnya untuk IPB University adalah BNI Fleksi Pendidikan yang menjadi solusi bagi mahasiswa S2/S3 yang telah bekerja dan menyalurkan gajinya melalui BNI, di mana dengan skim grace period, mahasiswa hanya membayar bunga dalam kurun dua tahun dan dapat melakukan pembayaran pokok mulai tahun kedua atau tahun selanjutnya.

Di bidang kemahasiswaan, sudah berjalan pula ERP yang merupakan program rekrutmen BNI melalui pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi IPB University untuk menjadi calon pegawai BNI.

Selain itu BNI juga menyiapkan Program BNI Edupreneur sebagai wadah khusus pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pengusaha, baik mahasiswa aktif, alumni, dosen, maupun UKM yang ada di lingkungan IPB University.

Pada kesempatan ini BNI turut memberikan bantuan renovasi gedung rektorat dan pembangunan Botani Fresh IPB sebagai bagian dari program BNI Berbagi.

Baca juga: Perkuat "mobile banking" mahasiswa, BNI jadikan IPB digital partner

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021