Telkomsel pastikan layanan komunikasi tak terdampak letusan Semeru

id Gunung semeru,semeru meletus,telkomsel,layanan telekomunikasi

Telkomsel pastikan layanan komunikasi tak terdampak letusan Semeru

Arsip foto - Gunung Semeru erupsi dan meluncurkan awan panas guguran sejauh 4 kilometer pada Sabtu (16/1/2021). ANTARA/HO-Pos Pantau Gunung Semeru/aa.

Surabaya (ANTARA) - Operator seluler PT Telkomsel memastikan layanan telekomunikasi di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tetap berjalan lancar, kendati ada sejumlah site jaringan yang terdampak letusan Gunung Semeru pada Sabtu sore.

Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali Erwien Kusumawan dalam pesan singkatnya di Surabaya menyebutkan setidaknya ada 10 site jaringan Telkomsel di Kecamatan Supiturang, Lumajang, sekitar Gunung Semeru, yang terdampak letusan.

"Meski demikian, komunikasi telepon, SMS dan layanan data masih tetap berjalan lancar karena di-cover site tambahan di sekitar Gunung Semeru. Kami akan terus memantau kondisinya," katanya.

Erwien menambahkan Telkomsel juga memantau kondisi terkini korban letusan Gunung Semeru untuk memastikan bantuan CSR yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak.

"Kami turut berduka terhadap korban letusan Gunung Semeru. Semoga semua korban dan keluarganya diberi ketabahan dalam menghadapi ujian ini," imbuhnya.

Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan guguran awan panas pada Sabtu sore sekitar pukul 15.20 WIB.

Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) merilis letusan Gunung Semeru berdampak pada satu kecamatan, yaitu Pronojiwo, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengupayakan mendirikan titik pengungsian sektoral di lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga telah menginstruksikan melakukan evakuasi kepada warga terdekat di sekitar Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang agar aman dan selamat.

"Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Kepada warga dapat mengevakuasi agar aman," ujar Khofifah melalui postingan instagram pribadinya @khofifah.ip.

Baca juga: Gunung Semeru luncurkan abu panas

Baca juga: Gubernur Jatim instruksikan evakuasi warga terdekat Semeru

Baca juga: Kemenhub pastikan bandara dekat Gunung Semeru masih beroperasi normal

Pewarta : Didik Kusbiantoro
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar