PMI Jember kirim Tim Wash ke lokasi terdampak bencana Semeru

id pmi jember bantu semeru,letusan semeru,pmi jember

PMI Jember kirim Tim Wash ke lokasi terdampak bencana Semeru

Posko PMI Jember yang berada di lapangan Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu (8/12/2021). (ANTARA/HO-PMI Jember)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember mengirimkan sejumlah relawan Tim Wash ke lokasi terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

"Kami mengirimkan relawan yang memiliki kemampuan wash, dapur umum, pertolongan pertama, asessment, dan evakuasi, serta sekaligus mengirimkan bantuan sarana prasarana, juga armada pendukungnya," kata Ketua PMI Jember EA Zaenal Marzuki di Jember.

Menurut dia PMI Jember akan bersinergi dengan relawan PMI dari kabupaten lain, sehingga sebanyak 12 relawan akan bergabung dengan relawan lainnya untuk aksi kemanusiaan bencana Gunung Semeru.

Baca juga: PMI Sidoarjo kirimkan kebutuhan dasar pengungsi Semeru

Baca juga: PMI mobilisasi relawan bantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru


"Pengiriman relawan dilakukan secara bertahap karena diperkirakan penanganan bencana letusan Gunung Semeru akan berlangsung lama, sehingga kami akan berkoordinasi dengan PMI Jatim," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya menyiapkan relawan dengan jumlah yang banyak karena ratusan relawan PMI dari markas PMI sendiri atau dari KSR di sejumlah perguruan tinggi di Jember siap diberangkatkan.

"Dibutuhkan berapapun relawannya, kami siap. Para relawan dari KSR di sejumlah perguruan tinggi di Jember juga siap jika sewaktu-waktu diminta berangkat untuk aksi kemanusiaan di Gunung Semeru," katanya.

Zaenal menjelaskan relawan yang berangkat untuk bagian dapur umum dan Tim Wash karena keahlian mereka akan dibutuhkan dalam penanganan korban terdampak awan panas guguran Gunung Semeru.

"Para relawan juga membawa peralatan lain seperti penyemprot, alat bersih-bersih, motor trail dan jeep kecil untuk distribusi logistik makanan kepada pengungsi dan para relawan yang ada di lokasi," ujarnya.

Ia mengingatkan agar para relawan PMI Jember juga berhati-hati saat menjalankan tugas di lokasi bencana karena aktivitas Gunung Semeru masih belum stabil dan beberapa kali masih terjadi letusan dan luncuran awan panas guguran.

PMI Jember mendirikan posko lapangan tanggap darurat di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang untuk bersinergi dengan relawan lain membantu korban terdampak APG Gunung Semeru.

Baca juga: PMI siap kirim tambahan ambulans untuk korban erupsi Semeru

Baca juga: PMI kirimkan bantuan dan personel untuk pengungsi erupsi Semeru

 

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar